Mohon tunggu...
Putri Rindu Felisha
Putri Rindu Felisha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang

Hobiku adalah membaca, aku orangnya humoris dan suka sama film bergenre action

Selanjutnya

Tutup

Love

Membangun Self Love Pada Remaja Pengguna Sosial Media

20 September 2022   08:24 Diperbarui: 20 September 2022   08:50 55 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh


Di zaman yang sudah berkembang ini, banyak kalangan remaja yang lebih fokus dalam menumbuhkan self love pada dirinya dengan menjadi pengguna aktif sosial media khususnya instagram. Dari instagram itulah mereka banyak mengunggah postingan baru seperti konten yang mereka kreasikan semenarik mungkin, outfit yang mereka kreasikan dengan pandangan selebgram atau selebriti favoritnya dan lain sebagainya yang tidak terlepas dari kata like, comment, dan share. Beberapa pengamatan menyebutkan bahwa dengan adanya likes dan komentar yang positif seperti pujian, mereka merasa dihargai dan beranggapan apa yang mereka unggah di instagram adalah sesuatu yang diapresiasi dan disukai oleh banyak orang. Dari situlah yang membuat para remaja memberikan penilaian terhadap dirinya sendiri dan mulai menumbuhkan self love pada dirinya. Sedangkan self love sendiri adalah mencintai diri sendiri yang mengharuskan kita untuk menerima dan menghargai semua hal yang terkait dengan diri kita sendiri dengan apa adanya. Seseorang yang memiliki self love akan cenderung memiliki harga diri yang tinggi. Pada fase remaja inilah individu juga mulai mengembangkan harga diri atau self esteem yaitu sejauh mana mereka dapat menghargai dan merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Ada beberapa konsep yang dapat membangun self love itu sendiri yaitu sebagai berikut.


1.Pengetahuan diri ( self knowledge ) adalah mengenal diri kita sendiri yang mungkin membutuhkan cinta diri.


2.Penerimaan diri ( self acceptance ) adalah menerima diri kita sendiri dengan sehat.


3.Keberadaan diri ( self being ) adalah kemampuan diri dalam melepaskan kebutuhan akan persetujuan sosial .


4.Transendensi diri ( self transcendence ) adalah kemampuan melampaui kesadaran yang terpusat pada diri sendiri dan menikmati rasa terhubung dengan orang lain.


5.Pembaharuan diri ( self renewal ) adalah memastikan pertumbuhan fisik, mental, emosional, dan spiritual.


Ternyata dari sebagian besar kalangan remaja masih ada yang merasa insecure atau rasa kurang percaya diri dalam menggunakan sosial media terkhusus instagram. Yang biasanya disebabkan adanya komentar negatif dari orang lain di Instagram yang mengarah kepada kebencian dan ketidaksukaan pada postingan yang mereka kalangan remaja  buat. Biasanya orang  yang insecure itu cenderung memiliki self love yang rendah. Biasanya disebabkan karena tingkat harga diri yang rendah dan biasanya merasa rendah diri, merasa inferior, dan tidak percaya diri. Contoh dari orang yang memiliki self love rendah adalah mereka yang membandingkan dirinya dengan orang lain yang dapat membuat mental mereka down, komentar-komentar negatif dari orang lain dan lain sebagainya. Ada banyak cara untuk membangun self love pada mereka yang kurang percaya diri atau insecure adalah sebagai berikut.


1.Pikirkan hal positif dan cari hal-hal yang membuat bahagia diri sendiri


2.Luangkan waktu untuk bicara dengan diri sendiri dan mendengarkan diri sendiri


3.Lakukan aktivitas untuk mengalihkan pikiran negatif seperti me time


4.Lawan rasa takut yang membuat insecure dan tidak percaya diri secara perlahan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan