Mohon tunggu...
Rina Sutomo
Rina Sutomo Mohon Tunggu... TKI

Hening dan Bahagia menyatu dalam buncahan abjad untuk ditorehkan sebagai "MAKNA"

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Berada di Hong Kong!

15 Juli 2016   22:56 Diperbarui: 15 Juli 2016   23:08 0 9 7 Mohon Tunggu...
Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Berada di Hong Kong!
Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Kamu Berada di Hong Kong!

Hong Kong merupakan negara yang bersih, aman, dan memiliki sarana transportasi yang sangat baik dibanding dengan negara-negara lain di Asia. Sebagai negara dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi tentunya Hong Kong memiliki banyak peraturan secara tertulis maupun tidak tertulis. Usahakan untuk tidak berurusan dengan polisi terlebih jika sedang berada di negara tetangga, entah sebagai pekerja maupun sebagai turis.

Di Indonesia melanggar peraturan adalah hal yang wajar bagi sebagian orang, namun enam hal ini akan membawa kita ke dalam masalah jika kita lakukan di Hong Kong.

1. Makan dan Minum di Dalam MTR

MTR adalah kereta bawah tanah yang sangat dijaga kebersihannya. Jika di Indonesia banyak penjual makanan menjajakan dagangannya di dalam kereta atau bus, hal ini tidak akan terjadi di negara Hong Kong, terutama MTR (Mass Transit Railway) yang memiliki kamera cctv dan ratusan petugas yang berjaga di setiap stasiunnya.

Banyak orang China yang sedang berkunjung ke Hong Kong makan dan minum di dalam MTR dan tidak sengaja mengotori kereta yang akhirnya memicu kemarahan orang Hong Kong lalu terjadilah adu mulut diantara mereka. Tak hanya itu, kejadian saling pukul antara orang Hong Kong dan China di dalam kereta juga sering terjadi hanya karena masalah makanan yang tidak sengaja tumpah.

2. Bekerja Secara Ilegal

Sebelum berangkat ke Hong Kong tentu kita wajib untuk melengkapi dokumen terutama visa. Periksa kembali visa Anda, jika Anda memakai visa turis sebaiknya jangan pernah mencoba untuk mencari pekerjaan part time terlebih lagi saat ini imigrasi dan kepolisian Hong Kong sedang memperketat pengawasan.

Banyak pekerja yang dengan bangga bilang bekerja di hotel atau restoran, padahal mereka hanya mengantongi visa turis. Jika terbukti melakukan pelanggaran mereka tidak hanya berurusan dengan polisi yang berkepanjangan, namun juga akan masuk daftar blocklist dan secara langsung tidak akan dapat masuk ke negara Hong Kong lagi. Warga negara yang baik akan menggunakan visa sebagaimana mestinya.

3. Merokok Disembarang Tempat

Di Hong Kong merokok ada tempatnya sendiri, jangan pernah coba untuk merokok di tepat yang telah ada notice-nya. Merokoklah di tempat yang telah disediakan. Jangan merugikan orang lain dengan asap rokok Anda dan merugikan diri sendiri dengan denda maksimal HKD $5000.

4. Memungut Uang Jatuh

Memungut uang jatuh yang kita anggap rejeki dari langit mungkin tidak berlaku di negara ini. Memungut uang jatuh yang bukan miliknya di negara ini dianggap sebagai mencuri. Jika ada orang yang melihat kita sedang memungut uang jatuh dan melapor kepada polisi akan menjadi masalah besar nantinya. Setiap wilayah di negara Hong Kong telah dilengkapi dengan kamera cctv, hanya toilet yang bebas dari cctv mungkin.

5. Melanggar Lampu Lalu Lintas

Jika si dia selamat dari mobil yang melintas mungkin itu keberuntungannya, namun jika polisi menanti di seberang jalan anggap saja itu sudah menjadi takdirnya. Pemerintah menerapkan denda untuk pelanggar lampu lalu lintas bukanlah tanpa alasan. Keselamatan warga adalah tanggung jawab pemerintah juga, maka tak salah jika pelanggar lampu lalu lintas akan dikenakan denda.

6. Menyerobot Antrian

Meskipun di negara ini tidak ada tulisan "Budayakan Antri" namun jarang sekali terjadi ada orang menyerobot masuk ke antrian depan. Sanksinya berupa cemoohan dan kata-kata kasar dari orang yang telah antri sebelumnya, parahnya lagi si penyerobot juga bisa diusir dari tempat itu. Masyarakat Hong Kong sudah terbiasa untuk antri, meskipun harus antri di depan restoran selama berjam-jam mereka tidak akan main serobot dan saling mendahului.

Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari peraturan yang telah ditetapkan demi keamanan dan kenyamanan bersama tentunya. Semoga bermanfaat. :)