Mohon tunggu...
Rinaldy A.H
Rinaldy A.H Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Professional

Digital Marketing Tips

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menggunakan AI Percakapan (Conversational AI), Mendefinisikan Kembali Pengalaman Pelanggan (User Experience) di Sektor Asuransi

19 Agustus 2022   11:25 Diperbarui: 19 Agustus 2022   11:45 121 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dengan diperkenalkannya teknologi mutakhir seperti Conversational AI (AI Percakapan), industri asuransi mengalami perkembangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Teknik baru dan inovatif, termasuk sebagai smart underwriting, asisten digital virtual, dan layanan asuransi 24 jam, menghapus prosedur yang sudah ketinggalan zaman karena proses konvensional diubah secara digital.

Perkembangan ini membuka jalan bagi Pengalaman Pelanggan (CX) yang lebih baik dan menghadirkan prospek komersial baru bagi industri asuransi. Untuk memberikan pengalaman omnichannel dan mempercepat proses menjawab dan menyelesaikan masalah konsumen, AI percakapan (Conversational AI) didukung oleh 73% eksekutif asuransi, menurut jajak pendapat Mantra Labs. Pada saat yang sama, 44% konsumen mengatakan mereka lebih suka mengajukan klaim asuransi melalui chatbots. Sementara 43% orang membeli asuransi menggunakan chatbots.

Mengingat hal di atas, blog ini mengeksplorasi berbagai contoh penggunaan tentang bagaimana chatbot dengan fitur Conversational AI meningkatkan pengalaman pelanggan asuransi. Pertama-tama mari kita periksa fungsi Conversational AI di industri asuransi.

Fungsi Conversational AI (AI Percakapan) di Sektor Asuransi

AI percakapan, sering dikenal sebagai chatbot atau asisten virtual, adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan dengannya. Untuk meningkatkan user experience, memberikan dukungan dan layanan, memfasilitasi penjualan, menjual layanan dan barang, dan banyak lagi, AI percakapan banyak digunakan dalam diskusi yang dihadapi pelanggan.

Conversational AI adalah agen asuransi otomatis yang ideal untuk industri asuransi, memberikan informasi kepada calon konsumen tentang asuransi, membantu pelanggan dalam membandingkan kebijakan dan rencana terkait asuransi, dan bahkan memberikan saran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Menurut Juniper Study, adopsi chatbot Conversational AI di industri dan perusahaan asuransi dapat menghasilkan penghematan biaya sekitar $1,3 miliar pada tahun 2023 di seluruh asuransi mobil, kesehatan, properti, dan kewajiban, naik dari $300 juta pada 2019.

Statistik ini menunjukkan chatbot asuransi dengan kemampuan Conversational AI sangat penting untuk perusahaan asuransi modern.

Contoh Kasus Penggunaan Chatbot Asuransi

1. Pedoman Pemilihan Pertanggungan Ausransi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan