Mohon tunggu...
Rinaldy A.H
Rinaldy A.H Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Professional

Digital Marketing Tips

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Hi-Tech

Enam Manfaat Chatbots untuk Bisnis, Perusahaan, dan Konsumen

5 Agustus 2022   23:35 Diperbarui: 5 Agustus 2022   23:42 146 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dukungan atau pemasaran chatbot adalah istilah populer di sektor bisnis. Pelanggan bisa mendapatkan dukungan real-time dari chatbots melalui teks, telepon, atau diskusi video, dan chatbot bisa sangat efektif. Menurut statistik, industri kecerdasan buatan (AI) akan meningkat secara eksponensial selama sepuluh tahun ke depan dengan kecepatan 41,2 persen, mencapai $29 miliar per tahun pada tahun 2023.

Sebagai salah satu sub-kategori teknologi yang tumbuh paling cepat untuk dirangkul pada tingkat awal ini, chatbots menarik lebih banyak perhatian dari masyarakat umum. Pada tahun 2024, pasar untuk perangkat lunak chatbot diproyeksikan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sekitar 26 persen, mencapai $3,89 miliar. Itu karena chatbots dapat secara signifikan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan perusahaan dan pelanggan untuk tugas yang berulang seperti menjawab pertanyaan atau membuat kebijakan, barang, atau layanan baru, misalnya.

Bagaimana Cara Kerja Chatbot dan Apa Itu Chatbot?

Chatbot adalah perangkat lunak komputer yang menggunakan kecerdasan buatan untuk melakukan percakapan berbasis teks dengan orang-orang dalam kerangka dialog yang telah ditentukan. Pada aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Slack, dan Telegram, chatbots sering digunakan. Versi paling canggih menggunakan metode statistik dan pembelajaran mesin untuk mengekstrak informasi dari materi dan melakukan aktivitas tanpa perlu partisipasi manusia.

Chatbot yang lebih canggih dapat mensimulasikan interaksi manusia dengan klien dengan "memahami" bahasa alami dengan lebih baik dan menyesuaikan balasan mereka. Untuk melakukan ini, mereka mengambil konteks percakapan, merumuskan tanggapan, dan memilih kata-kata yang paling tepat untuk bereaksi jika belum diketahui oleh mereka. Perusahaan dapat mengotomatiskan interaksi klien dan memberikan layanan pelanggan kelas satu dengan menggunakan chatbots.

NLP (Natural Language Processing) dan pembelajaran mesin digunakan oleh bot untuk mengevaluasi data dan menarik kesimpulan. Chatbots bertenaga AI percakapan mengambil keterampilan baru melalui interaksi dengan pengguna. Sangat penting untuk diingat bahwa teknologi ini masih cukup baru dan perlu perbaikan berkelanjutan untuk menghilangkan kesalahan dan memenuhi janji untuk memberikan apa yang diinginkan klien.

Keuntungan dari Mengintegrasikan Chatbots

Chatbots dapat merevolusi praktik perusahaan Anda jika mereka memiliki karakteristik yang tepat. Perusahaan sekarang memiliki pilihan: perusahaan beradaptasi atau perusahaan mungkin berhenti berkembang dan keluar dari bisnis.

Mari kita periksa beberapa keuntungan utama menggunakan chatbots dengan kecerdasan buatan ke dalam operasional perusahaan.

1. Layanan Pelanggan Teladan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Lihat Indonesia Hi-Tech Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan