Mohon tunggu...
Rina Darma
Rina Darma Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga

Happy Gardening || Happy Reading || Happy Writing || Happy Knitting^^

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Menghidupkan Malam Ramadhan bagi Bumil dan Busui

10 Juni 2018   23:43 Diperbarui: 11 Juni 2018   00:11 700
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika hamil pertama aku melewati Ramadhan. Begitu juga dengan kehamilan kedua. Saat menyusui anak pertama dan kedua pun aku berjumpa ramadhan.

Pada kehamilan pertama, sebelum memutuskan puasa, bidan bilang aku kekurangan cairan ketuban. Sarannya aku boleh puasa tapi selang-seling, sehari berpuasa sehari tidak semacam puasa daud.

Berbeda pada kehamilan kedua, aku masih menyusui anak pertama. Karena belum genap dua tahun. Melihat kondisiku, dokter tempat berkonsultasi tidak melarang asal aku kuat dan tidak ada keluhan.

Hamil pertama, menyusui anak pertama, hamil dan menyusui adalah riwayat tiga Ramadhan sebelumnya. Saat ini, aku melalui Ramadhan dengan masih menyusui anak kedua.

Ketiga bulan ramadhan sebelumnya, puasa bolong-bolong bahkan ada yang lebih banyak bolongnya dengan mempertimbangkan kondisi janin dan anak. Saat ini, alhamdulillah lancar, Oziel sangat mendukung ibunya puasanya. Karena memang sudah makan nasi dan frekuensi menyusu sudah berkurang.

Suami sendiri tidak pernah memaksakan aku puasa justru menyarankan tidak berpuasa demi anak. Kalau aku ngotot puasa itu berarti aku egois karena ada anak yang masih bergantung padaku. Asupan ASI harus tetap terjaga agar anak tak berimbas.

Rata-rata tetangga yang puasa dan anaknya masih menyusu, banyak keluhan mencret. Belum lama ini, depan rumahku bahkan bayinya yang masih enam bulan harus dilarikan ke rumah sakit karena muntah dan diare. Padahal bayi enam bulan masih sangat tergantung ASI ibunya. Bagaimana anaknya bisa terpenuhi nutrisinya jika ibu sendiri kurang cairan akibat puasa.

Namun semua kembali ke kondisi setiap ibu dan anak yang tidaklah sama. Ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dan melihat kondisi diri sendiri sebelum memutuskan berpuasa. Karena kita yang lebih tahu bagaimana kita dan anak kita. Jangan sampai berbuat zalim. 

Alloh pun telah mengistimewakan ibu hamil dan menyusui boleh tidak berpuasa. Yaitu bisa dengan meng-qadha atau mengganti di hari yang lain tapi jika tidak memungkinkan boleh dengan membayar fidyah untuk mengganti puasa Ramadhan yang ditinggalkan.

Lalu bagaimana dengan menghidupkan malam Ramadhan untuk menggapai kemuliaan bahkan meraih Lailatul Qodar? Aku pun ingin semaksimal mungkin beribadah malam tapi banyak tapinya... Kadang sudah siap salat, anak nangis atau terbangun tidur harus nenen.

Mengenai anak menangis saat salat, aku mengikuti saran temanku. Yaitu tetap salat dengan mendudukkan/menidurkan anak di sajadah. Biarkan saja menangis lama-lama anak akan mengerti. Alhamdulillah jurus ini berhasil untuk anak pertama dan kedua. Meski sekali dua kali kadang ada drama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun