Mohon tunggu...
RIKY MAHARDIKA
RIKY MAHARDIKA Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis??

PENGGERAK HIDUP SEHAT !!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Essay Pengalaman Mengikuti Asistensi Mengajar Tahun 2022/2023

14 Desember 2022   19:28 Diperbarui: 14 Desember 2022   20:01 2830
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Saya akan menceritakan tentang pengalaman saya dan apa yang saya dapatkan selama mengikuti program Asistensi Mengajar di SMK MUHAMMADIYAH 7 Gondanglegi.

Asistensi Mengajar atau sering disebut AM merupakan salah satu program pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa di satuan pendidikan formal di bawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing.Aktivitas di satuan Pendidikan ini dilaksanakan selama 1 semester dan dihargai sebesar 20 SKS, termasuk kegiatan KPL dan KKN yang telah dikonversi menjadi kegiatan Asistensi Mengajar ini.Program AM memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa. 

Mahasiswa melaksanakan asistensi mengajar di beberapa bagian yaitu akademik, nonakademik, dan administrasi sekolah.Sebelem Jauh membahas mengenai kegiatan Asistensi Mengajar saya sedikit bercerita terlebih dahulu sebagai penggantar pada essay yang saya tulis ini.Jadi,pertemuan proses belajar mengajar di SMK MUTU dibuat sistem blok dimana setiap pertemuan pada minggu ganjil dan genap setiap minggunya terdapat pertemuan selama 2 minggu yang dilanjut minggu genap selama 2 minggu dengan mata pelajaran yang berbeda serta pembagian masuk siswa dibagi sesi pagi sampai 12 siang dan sesi dua sampai 17.20 atau sesudah solat magrib berjamaah ..

Tujuan dari program asistensi mengajar antara lain untuk :

  • Membantu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah mitra.
  • Membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul selama pelaksanaan program Asistensi Mengajar.
  • Turut serta dalam pelaksanaan kegiatan nonakademik dan administrasi di sekolah mitra.

Pelaksanaan AM berlangsung selama 20 minggu dan secara teknis terbagi menjadi 4 tahapan yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, diseminasi hasil kegiatan, dan pembuatan laporan.

  • Perencanaan Kegiatan

Pada tahap ini, mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan selama kurang lebih 2 minggu lamanya. Kegiatan tersebut berupa Obeservasi ke Sekolah yang diberikan waktu sejak tanggal 1-5 Agustus. Kegiatan ini bertujuan untuk perkenalan lingkungan sekolah yang akan di tempati sekaligus bertemu dengan guru pamong untuk menghasilkan draf kegiatan AM di sekolah serta merancang kegiatan akademik sesuai dengan Prodi dan mahasiswa membuat perangkat pembelajaran dan peerteaching..

Kegiatan selanjutnya setelah melakukan observasi adalah Perancangan kegiatan non-akademik dan administrasi sekolah lintas prodi yang dilaksanakan pada tanggal 8-12 Agustus 2022 dilanjutkan mendiskusikan sekaligus menghasilkan kegiatan AM melalui bimbingan Dosen Pembimbing. Masing-masing mahasiswa dari jurusan prodi teknik elektro mengajar sesuai arahan dari guru pamong masing-masing.Untuk saya sendiri saya mengajar mata pelajaran Mekanik Kontraktor Listrik dan Perbaikan Peralatan Rumah Tangga dimana guru pamong saya bu Rara Wicaksono M,S.Pd yang merupakan juga alumni prodi pendidikan teknik elektro UM.

SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi pada tahun 2022 telah berganti menggunakan kurikulum merdeka sehingga mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru terkait kurikulum tersebut. Kurikulum baru yang ditetapkan di SMK MUTU memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa untuk menyusun perangkat pembelajaran. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang sebelumnya tidak pernah dipelajari oleh mahasiswa di kampus, sehingga dalam penyusunan perangkat pembelajaran mahasiswa mendapat bimbingan dari guru pamong. Pada kurikulum 2013, perangkat pembelajaran menggunakan RPP sedangkan pada kurikulum Merdeka istilah RPP diganti menjadi modul Ajar.

Sebelum membuat modul ajar terlebih dahulu membuat CP dan ATP. Dimana CP merupakan Capaian Pembelajaran dan ATP merupakan Alur Tujuan Pembelajaran.Pada saat pembuatan CP terdapat elemen elemen yang menjadi pondasi awal terciptnya mata pelajaran.Contohnya Mata Pelajaran Perbaikan Peralatan Rumah Tangga elemen yang didalam sebagai berikut : 

  • Elemen Standat dan Peraturan yang berisikan modul ajar yang dengan pembahasan seperti halnya PUIL
  • Elemen Sistem Kendali yang berisikan sistem pengendalian seperti smart relay,plc,termostat dsb, 
  • Elemen Instalasi Penerangan Listrik,Elemen Instalasi Motor Listrik,Elemen Instalasi Tenaga Listrik yang dimana pada masing masing elemen merupakan mata pelajaran yang di ajarkan.
  • Elemen Perbaikan Peralatan Listrik yang menjadi Mata pelajaran yang membahas tentang perbaikan serta perawatan alat kelistrikan yang digunakan dirumah contohnya seperti setrika,kulkas,kipas,ac dsb.

B. Pelaksanaan Kegiatan

Pada Tahap ini, mahasiswa melalui berbagai kegiatan awalan seperti Pengantaran Mahasiswa dan Focus Group Discussion (FGD) sebelum melaksanakan kegiatan inti AM. Kegiatan awalan tersebut dilaksanakan berbarengan pada tanggal 15 Agustus 2022 dan bertujuan untuk mereview kegiatan AM yang sudah matang atau didiskusikan bersama Guru Pamong dan Dosen Pembimbing. Selanjutnya, mahasiswa akan memulai atau action kegiatan inti AM pada tanggal 15 Agustus 2022. Selama program asistensi mengajar berlangsung, pembelajaran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dilakukan secara luring. Selama proses belajar mengajar berlangsung, media pembelajaran yang digunakan berupa PPT.Ada cerita menarik saat berlangsungnya Focus Group Discussion (FGD pada saat selesai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta dilanjutkan menyanyikan lagu mars Muhammadiya Sang Surya, dimana peserta AM yang lain terasa asing dengan lagu mars tersebut yang merupakan lagu wajib pada acara penting di Muhammadiyah.Saya yang dulunya sekolah di Muhammadiyah menyanyikan lagu tersebut dan membuat peserta AM yang lain merasa terkejut.

Pada Pelaksanaan sebelum masuk ke kelas,para siswa sudah berangkat sebelum pukul 6:15 WIB guna melaksanakan solat Dhuha berjamaah serta mengaji surat pendek.Setelah itu sebelum masuk ke kelas-kelas selalu di isikan beberapa materi setiap paginya seperti motivasi,informasi mengenai kejurusan serta belajar bahasa inggris.Kemudian siswa siswa bergantian masuk ke kelas masing-masing guna mengikuti proses belajar mengajar.

Selama proses belajar mengajar berlangsung, media pembelajaran yang digunakan berupa PPT sebelum melaksanakan belajar mengajar praktik. Materi yang disampaikan kepada peserta didik merupakan materi yang telah diskusikan ke guru pamong atau guru pengampu.Kali ini saya akan menceritakan mengenai materi yang ajar ke kelas 12 listrik mata pelajaran perbaikan peralatan rumah tangga.Sebelum jauh menjelaskan mata pelajaran PPRT ini terdapat beberapa kendala yang saya alami selama mengajar seperti LCD proyektor yang sering tidak bisa digunakan serta pembagian kelas yang belum sesuai yang dimana pada saat akan masuk kelas untuk proses belajar mengajar terlebih dahulu harus mencari kelas yang kosong serta untuk alat praktik pada mata pelajaran PPRT masih belum memadai pada pertemuan yang membahas elemen pendingan tidak ada kegiatan praktik dikarena untuk alat seperti ac,lemari pendingin masih belum tersedia.Untuk Fasilitas pada setiap kelas sudah terpasang LCD proyektor tapi tidak semua kelas bisa berfungsi dengan baik ,tidak hal itu saja pada untuk peminjam LCD masih sedikit unitnya

Pada akhir tiap pembahasan diadakan evaluasi untuk menilai seberapa jauh pemahaman peserta didik terkait materi yang telah didapatkan. Evaluasi berbentuk pretest menggunakan googleform.Untuk saya sendiri yang mendapatk kepercayaan untuk mengajar 2 mata pelajaran PPRT dan MKL telah beberapa kali telah melaksanakan pretest  guna mengetahui pemahaman perserta didik.

Selama 4 bulan kegiatan Asistensi Mengajar, pembelajaran telah dilaksanakan peserta AM jurusan prodi elektro diamanahi membuat soal serta jawaban guna diujikan pada pekan UTS serta PAS,hal ini merupakan sebuah pengalaman baru yang tidak perserta AM jurusan lain dapatkan pada saat pelaksanaan Asistensi Mengajar dan pengalaman yang berharga lainnya mungkin mendapatkan kepercayaan untuk mengajar langsung sendirian tanpa adanya team teaching yang jurusan perserta AM dari prodi Elektro laksanakan,hal tersebut tidak didapatkan pada perserta AM dari jurusan yang lain.

Selain kegiatan akademik berupa mengajari, mahasiswa juga melakukan kegiatan non akademik berupa piket di beberapa tempat bagian yaitu Piket Guru,Perpustakaan, BK,BKK,Kesiswaan,TU dan Kurikulum .

Masing- masing bagian tersebut memberikan pengalaman yang berbeda-beda bagi mahasiswa.

  • Piket di Piket Guru, mahasiswa belajar bagaimana proses siswa yang membolos atau tidak masuk sekolah yang telah terdata.Tugas Piket Guru ini memanggili daftar siswa di kelas kelas.Hambatan Piket Guru dari pengalaman saya telah saya lakukan yaitu pada sesi 2 untuk memanggil siswa dikelas yang mengharuskan berpindah gedung satu ke gedung satunya disiang hari yang cuaca panas.
  • Piket di perpustakaan, mahasiswa belajar bagaimana proses pengelolaan buku baru hingga ke tangan peserta didik serta memasukan data siswa angkatan baru untuk terdata sebagai siswa yang berhak meminjam buku serta memudah peminjam secara online.Tidak itu saja,pengalaman saya saat mendapatkan piket perpustakaan selain tugas tersebut masih banyak tugas sebelum contohnya membersihkann area perpusatakaan,mengganti koran yang baru,menempelkan angket peminjaman label dibuku serta merekap daftar nama siswa yang peminjam buku sesuai dengan jurusan nya.
  • Piket di TU,mahasiswa belajar bagaimana proses pengelolaan pembukuan rekap nilai semua siswa tiap jurusan manual menggunakan tangan.Pengalaman saya pada saat piket di TU melihat temen peserta AM menuliskan daftar nama siswa tidak sesuai hingga beberapa siswa.
  • Piket BK,mahasiswa belajar bagaimana proses pengelolaan data siswa.Pengalaman yang pernah saya alami yaitu merekap data googleform sebanyak 2000 lebih siswa siswi mengisi angket bisnis melajutkan atau wirausaha.Hambatan yang saya alami seperti terdapat siswa yang mengisi angket lebih dari satu,serta merapikan sesuai kelas jurusan siswa siswi dan mendata siswa siswi yang belum mengisi angket.
  • Piket Kurikulum dan Kesiswaan,mahasiswa belajar bagaimana melayani pengambilan SKL dan Cap 3 Jari serta pengambilan ijazah.Pengalaman yang saya dapat yaitu saat piket kesiswaan melaksanakan pendata siswa siswi yang belum melengkapi dokumentasi seperti ijazah smp.Sedangkan pada saat saya piket Kurikulum pengalaman yang saya dapatkan yaitu membantu membersihkan merapikan ijazah guna pelaksanaan Cap 3 Jari alumni.Tidak itu saya saja,saya juga membantu merapikan loker para wali kelas yang sudah berganti dan membantu pembuatan rapot baru untuk angkatan baru masuk.
  • Piket Jurusan, mahasiswa belajar untuk mempersiapakan kegiatan yang jurusan ikut serta.Pengalaman yang saya dapatkan di Piket Jurusan ini selain membuat modul ajar juga ikut serta kegatan jurusan laksanakan seperti membuat projek miniatur gedung dengan dilengkapi smart building dan membuat trainer pneumatik.Tidak itu saja,ikut dan mempersiapakan pameran pada acara Pengajian Daerah Muhammadiyah seKabupten Malang.Selain itu saya sendiri dipercaya untuk mempersiapkan team futsal jurusan listrik untuk mengikuti perlombaan futsal HW CUP.

Pada pekan terakhir pelaksanaan Asistensi Mengajar, mahasiswa membuat projek akhir untuk jurusan prodi elektro membuat robot line follower dan poster K3 dengan model poster siswa siswi jurusan listrikSebelum program Asistensi Mengajar diakhiri, terdapat kegiatan desiminasi. Kegiatan desiminasi bertujuan untuk memaparkan kegiatan yang telah dilakukan oleh mahasiswa selama pelaksanaaan Asistensi Mengajar. Setelah kegiatan desiminasi,Kegiatan selanjutnya ikut dan memeriahkan Class meeting  dan Penutup kegiatan terakhir adalah penjemputan mahasiswa yang menjadi tanda berakhirnya program Asitensi Mengajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun