PENULIS,Â
RIKA AMELIA, S.Pd
Meningkatkan kemampuan peserta didik  dalam menganalisis unsur pembangun cerpen
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
 Pada saat menganalisis unsur pembangun cerita pendek  yang dibutuhkan oleh siswa tidak hanya sekedar membaca cerpen , tetapi juga siswa harus memperhatikan dan memahami  tema, alur, tokoh/penokohan, setting, dan bahasa yang terdapat dalam cerpen tersebut. Hal tersebut bertujuan agar siswa dengan mudah menganalisis unsur intrinik  ketika siswa telah memahami isi cerita. Â
Namun hal tersebut bertolak belakang dengan kondisi yang dialami oleh siswa di sekolah. Umumnya siswa kurang tertarik dalam membaca cerpen. Mereka menganggap bahwa membaca  merupakan kegiatan yang  membosankan.
Adapun yang menjadi latar belakang permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam menganalisis unsur pembangun cerpen  disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:
Faktor guru diantaranya:
1. guru kurang kreatif dan inovatif dalam menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan (sehingga pembelajaran cendrung monoton);
2. guru hanya menjelaskan materi pelajaran tanpa adanya praktik langsung yang dilakukan siswa dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun cerpen