Mohon tunggu...
Rifqi Abdi Rabbani
Rifqi Abdi Rabbani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030032

strong terus

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Prinsip Menjadi Pemimpin, Buat Kalian yang Sedang Membangun Usaha

15 Juni 2022   07:00 Diperbarui: 15 Juni 2022   07:13 139 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap orang tentunya memiliki cita-cita atau keinginan untuk membangun perusahaannya sendiri. Karena dengan kita membangun perusahaan sendiri, kita lebih bebas untuk melakukan hal-hal yang kita inginkan, tidak terpaku pada perintah atasan. Atau dalam arti lain, setiap orang ingin menjadi atasan atau menjadi bos.

Tapi perlu diingat, menjadi seorang bos tidaklah sembarangan. Tidak boleh bertindak seenaknya, karena menjadi seorang bos itu artinya memegang tanggung jawab tertinggi dalam suatu perusahaan. Untuk menjadi seorang bos yang baik, kita harus memenuhi beberapa prinsip sebagai seorang pemimpin. Terutama untuk kalian yang baru membangun usaha kalian sendiri.

Berikut prinsip-prinsip yang harus kita penuhi untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

  • Tutup Kebijakan Pintu Terbuka

Maksudnya adalah sebagai seorang pemimpin kita tidak harus mambuka akses kita kepada tim atau karyawan kita setiap waktu. Memang kita harus menyempatkan waktu untuk karyawan kita menyampaikan masukan-masukan, atau untuk karyawan kita menyampaikan keluh-kesahnya. Akan tetapi hal itu tidak harus dilakukan setiap saat.

Buatlah jadwal baik itu dalam satu hari beberapa jam atau fokuskan dalam satu pekan sisakan satu hari sebagai waktu sharing dengan tim atau karyawan kita. Waktu untuk tim atau karyawan kita menyampaikan masukan-masukan, keluh-kesah, atau justru kita yang menyampaikan masukan-masukan untuk tim atau karyawan kita.

Hal itu dilakukan agar kita dapat fokus terhadap pekerjaan kita sendiri. Misalnya kita sedang melakukan pekerja kita, lalu tim kita sering sekali menanyakan sesuatu. Maka hal itu akan menghambat penyelesaian pekerjaan kita. 

Selain itu hal ini juga penting karena sama dengan kita memberikan kepercayaan pada tim atau karyawan kita. Mereka juga berhak memutuskan hal-hal yang memang tidak perlu konfirmasi kita sebagai bosa tau pemimpin.

sumber: dokpri
sumber: dokpri
  • Matikan Ponsel Saat Jam Kerja

Hal ini sangat penting bukan hanya pada seorang bos, akan tetapi semua orang yang bekerja dalam perusahaan kita. Kecuali kalau memang pekerjaannya diharuskan menggunakan ponsel. 

Hal ini karena ponsel ini akan sangat mengganggu pekerjaan kita. Saat sedang fokus bekerja tiba-tiba ada notifikasi masuk kemudian kita penasaran dengan notifikasi tersebut, lalu kita membuka ponsel kita, hal ini berpotensi membuat kita menjadi lalai dalam bekerja justru malah memainkan ponsel. Tentunya ini akan menghambat pekerjaan kita.

  • Hilangkan Peraturan-Peraturan yang Tidak Penting

Janganlah kalian membuat aturan-aturan yang tidak penting. Misalnya dalam perusahaan terdapat peraturan yang melarang menggunakan sepatu murah, sepatu yang dikenakan haruslah sepatu mahal. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan