Mohon tunggu...
Bang Zirif
Bang Zirif Mohon Tunggu... Indonesia Lebih Baik

Internet Marketers, Pengamat Politik, Enterpreneur, Travellers. Memuji karyaMu dengan selalu Bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Lulus Kuliah Mau ke Mana? Jadi Pengusaha? Kerja? Nikah? Nganggur?

28 April 2020   19:08 Diperbarui: 28 April 2020   20:48 121 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lulus Kuliah Mau ke Mana? Jadi Pengusaha? Kerja? Nikah? Nganggur?
Sumber: inibaru.id

ig: zirif_91

Buat kalian yang sudah semester tua, sudahkah kalian berpikir akan dibawa kemana arah hidup kalian setelah lulus kuliah. Apakah akan bekerja? lanjut S2? atau yang agak keren kalian sudah punya usaha saat kuliah tinggal melanjutkan saja setelah lulus, atau yang paling horor adalah setelah lulus langsung menikah saja dulu, uang urusan belakangan ha ha ha. Well, apapun pilihan kalian, setidaknya kalian telah berupaya merencanakan segala sesuatunya, meskipun terkadang rencana tidak sesuai jalannya.

Sebenarnya di era digital saat ini, ada banyak pekerjaan yang bisa menghasilkan uang melalui internet, dimana pekerjaan tersebut tidak ada pada generasi sebelumnya. Youtuber, internet marketers, Selebgram, Jualan Online, Affiliate, Blogger adalah beberapa pekerjaan baru yang muncul di era ini.

saya sendiri belajar internet marketers secara otodidak.Platform yang saya gunakan pertama kali untuk jualan adalah kaskus dan tokobagus (sekarang olx). Ya, disaat saya masih kuliah saya sering menggunakan platform tersebut untuk jualan mencari uang tambahan. 

Dari jualan flashdisk, pulpen, mouse hingga hobby,  baik itu aksesorisnya maupaun hewannya, karena saya saat kuliah hobby pelihara hewan dan membudidayakannya hampir 50 ekor. Terpenting adalah apapun yang kalian lakukan saat duduk dibangku kuliah adalah hal yang bermanfaat untuk masa depan.

Apakah kalian jualan, berorganisasi atau bahkan main game pun, lakukanlah  dengan sungguh-sungguh, karena di era ini tak sedikit juga pemain game yang sukses menjadi pro player. Ingat kehidupan saat kuliah adalah pre-, kehidupan sebenarnya adalah setelah itu.

Kuliah baiknya serius belajar materi kuliah aja untuk mendapatkan ipk tertinggi atau bagaimana?

Sungguh sangat disayangkan jika kamu kuliah hanya untuk mengejar ipk tinggi, saya bisa katakan tidak 100% IPK itu berguna di kehidupan kelak. Banyak teman saya yang kuliah mengejar IPK tinggi saat lulus bingung entah mau kemana. Beruntung jika mereka mampu melanjutkan s2 karena keluarganya punya cukup uanng untuk menyekolahkannya, namun jika tidak, gimana?

Apalagi di jurusan Scince yang tiap hari dijejali dengan materi-materi teori dan praktikum yang memakan waktu hingga malam hari, tentu meluangkan waktu untuk mencari kegiatan lain sangatlah sulit, saya sendiri mengalaminya karena karena saya kuliah dijurusan science. Berbeda dengan mereka yang memilih jurusan sosial, meskipun ada praktikum juga namun tidak sepadat mereka yang kuliah di jurusan science.

Kuliah bukan soal IPK, kuliah bukan soal teori apa yang kamu pelajari, kuliah adalah tentang mempersiapkanmu hidup di kerasnya dunia sebenarnya. Kuliah tidak mengajarkan kita mencari uang, kuliah tidak mengajarkan kita bagaimana cara membuat cv yang benar, kuliah mengajarkan teori-teori yang entah jika kita tidak bekerja di perusahaan searah, mungkin teori itu tidak akan digunakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN