Mohon tunggu...
Arief Yunianto
Arief Yunianto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis di Waktu Luang

Suka sharing hal-hal yang sedang trend saat ini

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

5 Cara Memaksimalkan Strategi Instagram dengan Instagram Analytics

21 September 2022   10:46 Diperbarui: 21 September 2022   11:00 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Instagram dan menghabiskan rata-rata 28 menit setiap hari untuk mengakses Instagram. 

Meskipun jumlah pengguna Instagram dan rata-rata waktu yang dihabiskan untuk mengakses Instagram terlihat banyak, hal ini tidak menjamin upaya Anda untuk memperkenalkan brand dan memasarkan produk menjadi mudah. Disinilah pentingnya peran Instagram Analytics dalam upaya pemasaran Anda agar konten postingan Anda tidak tertimpa konten- konten lain.

Artikel ini akan menjelaskan lebih detail mengenai Instagram Analytics, pengaruh Instagram Metric terhadap konten postingan Anda, Instagram Analytics Tool dari pihak ketiga dan penggunaan data Instagram Analytics menjadi cara untuk memaksimalkan Instagram engagement Anda.

Memahami Kinerja Instagram Analytics & Metric

Instagram Analytics dan Metric menyediakan berbagai macam data yang membantu mengukur kinerja Instagram Anda, memahami audiens, dan meningkatkan hasil pemasaran Instagram Anda. 

Sebagian besar Instagram Metric yang umum diketahui adalah angka-angka followers, impressions, reach, likes, comments, dan clicks. Namun data metric hanya menunjukkan kinerja suatu waktu dan Anda harus menghitung data metric tersebut menjadi data yang berfokus pada peningkatan, pertumbuhan, dan pengoptimalan yang berkelanjutan. 

Menggunakan Rumus Instagram Analytics Untuk Menghitung Instagram Metric


Anda bisa meningkatkan Instagram engagement Anda dengan menggunakan rumus-rumus berikut untuk menghitung Instagram Metric Anda dan menjadikan data ini sebagai tolok ukur Anda dalam menentukan konten yang disukai dan kurang disukai audiens Anda.

Rumus Metric Perkembangan:

(Metric Waktu 1 -- Metric Waktu 2 : Metric Waktu 2) x 100 = % peningkatan/penurunan jumlah

Rumus ini menunjukkan peningkatan/penurunan suatu jumlah dari waktu ke waktu seperti peningkatan/penurunan jumlah followers, impressions, reach, likes dan clicks. Misalnya, pada akhir bulan Maret (Waktu 1) Anda memiliki 720 followers dan pada akhir bulan sebelumnya, Februari Anda memiliki 515 followers (Waktu 2), maka peningkatan jumlah followers Anda adalah 39,8%.

Rumus Metric Peringkat:

(Metric (Jumlah interaksi sebuah postingan) : Jumlah followers saat postingan diunggah) x 100 = % interaksi postingan tersebut

Rumus ini menunjukkan persentase interaksi followers dengan postingan, Reels, Story atau IGTV Anda. Interaksi postingan, Reels dan IGTV, dilihat dari jumlah likes, comments, save dan share, sedangkan Story dilihat dari jumlah reply dan share. Misalnya, Anda memiliki 720 followers dan sebuah postingan Anda mendapatkan 150 interaksi, maka persentase interaksi postingan tersebut adalah 20,8%. 

Rumus Metric Rata-Rata:

Jumlah metric suatu periode : Jumlah postingan dalam periode tersebut = Rata-rata

Rumus ini digunakan sebagai tolok ukur kinerja postingan Anda secara keseluruhan dan untuk  menghitung rata-rata penonton Live Instagram Anda pada hari yang berbeda sehingga Anda bisa menentukan hari terbaik untuk mengadakan Live Instagram. Misalnya, Anda mengunggah 15 postingan pada bulan Agustus dan mendapatkan 605 likes, maka Anda mendapatkan rata-rata 40 likes setiap postingan secara keseluruhan. 

Melihat Instagram Analytics Menggunakan Instagram Insights


Jika Anda tidak ingin menghitung Instagram Metric Anda sendiri, Instagram Analytics Tools adalah solusinya. Instagram Insight, Analytics Tool bawaan Instagram, akan menghitung metric Anda secara otomatis.

Meskipun Instagram Insight hanya tersedia untuk akun Bisnis Instagram, Anda bisa dengan mudah mengubah akun pribadi Anda menjadi akun Bisnis. Tombol "Insight" akan muncul di laman profil akun bisnis Anda dan Anda bisa langsung mengaksesnya. Laman Insight menyediakan beberapa kategori informasi seperti overview reach, interaksi, dan followers Anda serta tipe konten yang Anda unggah selama 7 hari terakhir.

Fokus Pada Instagram Metric yang Tepat untuk Tujuan Instagram Anda


Jika Anda ingin menjangkau audiens baru, perhatikan reach Anda. Prioritaskan postingan dengan jangkauan tertinggi. Cobalah membuat konten baru yang mirip atau serupa dengan konten postingan yang mendapatkan jangkauan tertinggi tersebut. Tambahkan juga hashtag untuk memperluas jangkauan Anda dan kalimat CTA (call-to-action) untuk mengajak audiens membagikan postingan atau mengikuti akun Anda.

Jika Anda ingin membangun komunitas dengan Instagram followers setia dan audiens yang selalu ingin berpartisipasi, perhatikan engagement Anda. Followers setia dan audiens yang selalu ingin berpartisipasi jauh lebih mungkin untuk membeli produk Anda, memberikan umpan balik yang berharga, dan membagikan brand Anda dengan audiens mereka.

Prioritaskan konten dengan Instagram engagement tinggi dari jumlah likes, comments, save dan share serta tetap selalu sertakan kalimat CTA yang mengajak dan mendorong pengguna untuk meninggalkan komentar di postingan Anda.

Menggunakan Analytic Tools Pihak Ketiga


Jika Anda ingin memanfaatkan Instagram Analytics tanpa harus menghitung dengan rumus dan tanpa mengubah akun pribadi Anda menjadi akun bisnis, Instagram Analytics Tools dari pihak ketiga adalah solusinya. 

Kini, telah ada beberapa pilihan layanan Instagram Analytics Tools, mulai dari yang gratis hingga paket langganan berbayar, yang memungkinkan Anda untuk menjelajahi metric penting lebih jauh. Anda bisa memilih layanan Analytics Tools yang terbaik menurut Anda untuk kebutuhan Anda.

Salah satu Analytics Tools yang bisa Anda gunakan adalah Analisa.io yang menawarkan layanan analisis media sosial, baik secara gratis maupun paket berlangganan. 

Dengan hanya memasukan profil Instagram Anda, Anda sudah bisa menggunakan Analisa.io secara gratis untuk mendapatkan Analisis Dasar instan dan Anda dapat berlangganan secara berbayar untuk mendapatkan insight yang lebih mendalam seperti campaign reporting, followers demographic insight, pemetaan Instagram influencer, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun