Mohon tunggu...
Ridho Febriansyah
Ridho Febriansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Legenda Betawi Si Jampang

20 Oktober 2021   16:08 Diperbarui: 20 Oktober 2021   16:10 64 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Cerita legenda betawi yang paling banyak dibicarakan atau di ketahui yaitu tentang legenda tentang si pitung dari betawi, ia melakukan berbagai macam perampokan kepada tuan tanah yang akan dibagikan kepada rakyat yang membutuhkan. 

Sama hal nya si pitung, legenda betawi yang terkenal juga adalah si jampang yang memiliki cerita atau sejarah yang sama dengan si pitung yaitu sebagai jawara ahli bela diri silat, yang merampok untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan.

Si Jampang merupakan seorang jawara betawi yang sangat ahli di bidang bela diri pencak silat dan lihai dalam menggunkan senjata tajam sebuah golok. Keahliannya ini didapat oleh si jampang berkat belajar perguruan silat  di sebuah padepokan di daerah cianjur.jampang sejak kecil dibesarkan oleh pamannya, dikarenakan kedua orang tua jampang yang meninggal akibat sakit. Jampang diberi amanat oleh gurunya untuk menggunakan ilmunya pada hal yang baik saja.

Setelah lulus dari perguruan, jampang merantau ke daerah betawi, tepatnya di kebayoran lama, Jakarta selatan. 

Disana jampang mengabdi dan membantu para masyarakat untuk berkebun, dan juga mengusir para preman yang mengganggu mereka. Ketika jampang melihat berbagai macam penindasan yang dialami masyrakat, jampang berpikir untuk membantu mereka

Jampang merampok berbagai macam harta tuan tanah untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Karena perbuatannya ini jampang menjadi omongan para masyarakat, untuk orang kaya mereka sangat marah kepada si jampang, sedangkan untuk orang miskin mereka sangat senang dan terbantu oleh aksi si jampang.

Cerita legenda tentang si jampang ini begitu populer di kalangan masyarakat betawi, dengan di filmkannya cerita tentang kisah hidup si jampang. Membuat masyarakat  agar mengingat tentang kisah perjuangan si Jampang.

Ridho Febriansyah ( 201010700319)

mahasiswa universitas pamulang

tugas sastra lama

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan