Mohon tunggu...
Ridha Afzal
Ridha Afzal Mohon Tunggu... Nurse

#IndonesianCaretakingTraveler

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

PSI dan Giring, "Nekad Tenan"

27 Agustus 2020   13:18 Diperbarui: 27 Agustus 2020   13:15 124 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PSI dan Giring, "Nekad Tenan"
Sumber: Merdeka.com

 "Popularitasnya sebagai musisi. Tapi kapabilitas, kemampuan, pengalaman masih rendah sekali, masih baru. Belum pernah jadi jabatan publik atau kepala daerah atau anggota DPR, langsung ke Capres. Itu kan suatu yang nekad?" 
Arya, Pengamat Politik, CSIS

Orang Aceh Bilang 'Beuho That'

Orang Jawa bilang, 'Nekad tenan' (benar-benar nekad!). Bagi orang Jawa, pepatah seperti ini banyak berlaku. Orang Aceh tidak mengenal istilah 'nekad' ini.

Sewaktu kuliah di Aceh, seorang rekan saya pernah ikut dalam forum di mana pesertanya hanya dosen senior dan orang-orang kampus yang penting saja. Hanya Rizal, teman saya tersebut yang statusnya sebagai mahasiswa. 

Namun karena dia punya kapasitas, dan akan tampil sebagai salah satu penyaji presentasi, tidak masalah. Beberapa teman bilang, Rizal ini 'Beuho that' (berani banget).

Di tempat saya bekerja saat ini juga demikian. Kami melayani pelatihan perawat yang minat kerja di luar negeri. Teman-teman yang berminat ke luar negeri kadang-kadang terlalu nekad. Syarat minimal biasanya 2 tahun pengalaman kerja, punya Surat Tanda Registrasi, Izin Orangtua serta mampu berbahasa Inggris.

Kadang-kadang, teman-teman suka meremehkan. Bahasa Inggrisnya masih tingkat dasar, ibaratnya hanya bisa di level Present, Past dan Fiture Tenses saja, sombongnya gak ketulungan. 

Barangkali bisa sih lolos test tulis, tetapi begitu masuk test interview belepotan. Itu belum kerjanya.
Kadang beruntung, test interviewnya bisa lolos karena pertanyaannya basic, mudah. Kendala terbesar adalah, ketika sudah berangkat dan tinggal di luar negeri. Di mana-mana dia akan temukan masalah. 

Di asrama, di pasar, di tempat-tempat umum, di tempat kerja komunikasi dengan sesama rekan kerja, dengan profesi lain, hingga dengan pasien.  Selama 6 bulan, katanya hidup kayak di 'neraka'.

Negara Stand Up Comedy

Persoalan yang sama yang akan dihadapi oleh Giring yang mencalonkan diri dalam kontes kepresidenan di tahun 2024 nanti. Bukan salah Giring sih

Ini persoalannya bukan pula seperti teman-teman yang ingin kerja di luar negeri, yang kalau tidak kompeten akan dipulangkan. Ini soal ngurus negara.  Yang ngusung Giring juga harus lihat diri.

Kalau untuk tampil di Stand Up Comedy, okey lah. Tidak perlu persiapan, tidak masalah. Yang ini, soal masa depan bangsa, persalan besar. Kalau ibaratnya pengalaman ngurus RT saja mungkin tidak ada, bagaimana ngurus negeri segede ini dengan 270 juta penduduk ini?  

Kecuali Indonesia ini musisi semua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x