Wisata

KBS, Tetap Kokoh Berdiri Lebih dari 10 Dekade

8 Desember 2017   07:53 Diperbarui: 8 Desember 2017   08:42 156 1 0
KBS, Tetap Kokoh Berdiri Lebih dari 10 Dekade
dokumentasi pribadi

Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan ragam hewan (Fauna) diperkirakan berjumlah sekitar 350.000 jenis yang terdiri dari berbagai macam jenis satwa. Tentu akan sangat susah untuk melihat dan mengetahui semua jenis satwa yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Maka dari itu disediakan sebuah tempat untuk menampung satwa-satwa sehingga masyarakat dapat melihat dan mengenal mereka lebih dekat. Salah satu nya adalah Kebun Binatang Surabaya.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Kebun Binatang Surabaya atau akrab disebut KBS merupakan wilayah konservasi dan hutan kota yang cukup luas di daerah Surabaya selatan tepatnya terletak di Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo. Didirikan pada tahun 1916 dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin, Kebun binatang ini dipercaya sebagai Kebun binatang terbesar di Asia Tenggara. 

Kebun binatang ini cukup terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup terkenal dan diminati warga Surabaya maupun turis dari berbagai daerah. Dengan koleksi mencapai lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri dari 2806 binatang, termasuk satwa langkah di Indonesia maupun di dunia membuat Kebun Binatang Surabaya ini pernah menjadi kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Sempat diterpa kasus kematian satwa langka, banyak satwa yang tak terurus, dan manajemen yang buruk, yang mengakibatkan turun nya popularitas dan minat pengunjung kini KBS pun kembali bangkit dengan berbagai macam revitalis dan pembenahan manajemen, kandang, fasilitas dan satwa membuat KBS kembali Berjaya. 

Sebagai salah satu icon kota Surabaya  KBS sendiri dengan luas 15 hektar menjadi tempat tinggal bagi berbagai macam spesies hewan mulai dari mamalia,aves,reptile dan pisces.selain berbagai macam hewan yang tinggal di sana,tempat ini juga menyediakan berbagai wahana untuk mengenal beragai satwa antara lain Aquarium, perpustakaan hewan, mini zoo, jelajah sungai dan fasilitas penunjang seperti kantin, panggung pertunjukan, dan rumah sakit hewan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Peminat KBS sendiri bukan hanya dari kalangan anak-anak saja, tetapi juga orang tua dan remaja pun dapat merasakan sensasi bercengkrama dengan satwa yang ada disana. Tidak hanya menawarkan tempat wisata, tetapi juga tempat edukasi bagi semua orang. Selain mengenal berbagai macam satwa, kita juga dapat beinteraksi denggan satwa-satwa tersebut sehingga dapat menanamkan rasa cinta dan peduli kepada seluruh ciptaan yang ada. Berperilaku baik terhadap satwa akan mengarahkan perilaku kita terhadap manusia di masa mendatang. 

Sebagai tempat konservasi Kbs juga mengembangkan usaha penangkaran dan pemeliharaan satwa Dalam rangka mengembangkan konservasi ex-situ sebagai sarana pelestarian dan perlindungan alam yang dimanfaatkan untuk pengembangan IPTEK serta untuk sarana rekreasi alam yang sehat.