Mohon tunggu...
Ria AnggreyniRoshera
Ria AnggreyniRoshera Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru, IRT, wanita

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Program Student Public Talent Show untuk Mempersiapkan Murid Cakap Abad-21

7 November 2021   08:48 Diperbarui: 7 November 2021   09:05 206 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

ARTIKEL REFLEKSI

AKSI NYATA MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

STUDENT PUBLIC TALENT SHOW

Student Public Talent Show adalah sebuah program pembinaan minat dan bakat murid, dalam rangka mewujudkan murid dapat berpartisipasi (sesuai dengan tahapan usianya) dalam kegiatan sosial-keagamaan dalam lingkungan masyarakat.

Program ini diharapkan dapat memetakan murid berdasarkan minat dan bakatnya, kemudian dapat mengembangkan potensi murid secara optimal berdasarkan  minat dan bakat yang dimiliki tersebut. Murid tidak hanya dibantu untuk mengembangkan potensinya, namun juga diberi ruang untuk mengaktualisasikan potensi tersebut dalam kegiatan sosial-keagamaan di lingkungan masyarakat.

Melalui program ini, murid dapat mengimplementasikan pembelajarannya di sekolah dalam ruang kegiatan sosial secara langsung. Dengan sendirinya murid akan mampu memahami setiap dinamika yang ada di dalamnya dengan bimbingan gurunya, secara bertahap. Hal ini akan sangat membantu murid dalam menanamkan kepercayaan diri, leadership, dan kolaborasi , serta ditunjang dengan penanaman adab luhur dalam setiap aktivitasnya.

PERISTIWA (FACTS)

Latar Belakang

  1. Pendidikan memegang andil sangat besar bagi pembentukan peradaban masa depan bangsa, bahkan peradaban dunia. Maka mempersiapkan murid saat ini untuk mengisi peradaban masa depan yang dicita-citakan, adalah tugas besar dalam pendidikan. Saatnya sekarang mereka dibekali amunisi-amunisi terbaik untuk menghadapi kehidupan mendatang, dan siap menjadi pemimpin masa depan.
  2. Sebagai salah satu usaha membekali murid menghadapi kehidupannya kelak, maka pendidikan, dalam hal ini sekolah, perlu memberikan hal lebih dari sekedar menyampaikan pembelajaran akademis di dalam kelas. Perlu dibuatkan program-program yang berdampak pada murid, yang dapat menemukan serta meningkatkan potensi setiap murid (potensi yang dimiliki tentu unik dan beragam), sehingga di masa depan mereka memiliki kompetensi yang cakap.
  3. Ki Hajar Dewantara, dalam filosofinya telah menyampaikan bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya, baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dalam hal ini KHD menegaskan bahwa kelak murid kita akan tumbuh menjadi makhluk pribadi dan makhluk sosial yang hidup di tengah masyarakat. Maka mereka perlu dibekali kompetensi sosial agar kelak dapat survive dan menebar manfaat.
  4. Kompetensi abad 21 menuntut dimilikinya 4 kompetensi utama, yaitu 4C (Critical Thingking, Creative, Communication, Collaborative). Murid kita yang hidup dan akan menjadi pemimpin di abad 21, perlu dibekali keempat kompetensi tersebut agar mampu menguasai kehidupan di abad ini.
  5. Sumber daya/Aset yang dimiliki sekolah sangatlah mendukung untuk menerapkan program Student Public Talent Show. Terutama adalah aset manusia (kepala sekolah dan rekan sejawat) yang sangat supportive.

Menimbang ke-5 point di atas, maka diinisiasi lah sebuah program di sekolah (SD Islam Az Zahra Bandar Lampung), yaitu program Student Public Talent Show. Program ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan dalam dunia pendidikan.

Rancangan Kegiatan Program

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan