Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Seharian Bersama Komik, dari Proklamasi hingga Cikini

8 Agustus 2021   23:58 Diperbarui: 9 Agustus 2021   00:13 88 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seharian Bersama Komik, dari Proklamasi hingga Cikini
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Langit mulai berubah jingga, saat kaki mulai melangkah dari bioskop  XXI Taman Ismail. Marzuki. Tak lama, terdengar suara azan maghrib. 

"Nggak nyangka mulai malam. Lama juga," ucapku usai salat maghrib, seraya bergegas menuju halte Trans Jakarta di depan Megaria 

Di saat menjelang HUT RI ke-76, yang ditandai dengan bendera merah putih yang berkibar di tiap perumahan, perkantoran, dan lainnya, seakan membawa ingatan pada kenangan 2 tahun lalu. 

Hari Minggu, tanggal 18 Agustus 2019, sehari setelah HUT RI ke-74, aku ikut nobar maraton bersama teman-teman Komik (Kompasianers Only Movie Enthusiast Klub). 

Selama beberapa jam kami menonton dua film yang diangkat dari novel karya sastrawan terkenal Indonesia Pramoedya Ananta Toer, yakni Perburuan (98 menit) dan Bumi Manusia (181 menit). 

Benar-benar maraton! Dari jumlah total jam nontonnya sudah 279 menit. Belum kegiatan sebelumnya, yakni mengunjungi Museum Naskah Proklamasi (Munasprok) di Jl.Proklmasi  pada pagi hari, sekitar pukul 8 pagi. 

Nobar maraton film perjuangan Agustus 2019 buatku jadi salah satu kegiatan komik yang paling lama kuikuti dari durasi waktu. 

Padahal tidak keluar kota. Hanya di Jakarta saja, dimulai dari Museum Naskah Proklamasi di Jl. Proklamasi, gado-gado legenda jalan Cemara, sampai nonton dua film karya Pramoedya Ananta Toer di Bioskop XXI TIM Cikini. 

Menyesal ikut? Nggak sama sekali. Justru sangat bahagia karena bisa mengisi hari minggu dengan kegiatan yang sangat bermanfaat. 

Apa saja? 

1. Senang sekali saat tahu kunjungan ke Museum Naskah Proklamasi (Munasprok) ada pemandu dari pihak Museum yang menjelaskan cukup detail koleksi benda, ruangan yang ada di Munasprok, yang bersejarah menjelang peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia Indonesia, termasuk peristiwa Rengasdengklok. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan