Mohon tunggu...
Riap Windhu
Riap Windhu Mohon Tunggu... Perempuan yang suka membaca dan menulis

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Dapat dihubungi di email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Menikmati Lebaran di Rumah dengan 3 Film Bioskop yang Diadaptasi dari Buku

31 Mei 2019   23:59 Diperbarui: 1 Juni 2019   00:15 41 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Lebaran di Rumah dengan 3 Film Bioskop yang Diadaptasi dari Buku
Film Keluarga Cemara yang ditayangkan perdana di layar televisi pada libur lebaran 2019, merupaan film adaptasi buku karangan penulis Arswendo Atmowiloto pada tahun 1980-an. (sumber gambar: Visinemapictures)

Buat penyuka tontonan film, salah satu yang menjadi daya tarik terbesar dan mendorong minat untuk segera menikmati tayangan di layar lebar adalah hadirnya sebuah film yang diadaptasi/diangkat dari sebuah buku atau novel.

Hal ini berlaku bagi film yang berasal dari luar negeri produksi hollywood, maupun  film dari negeri sendiri Indonesia. Termasuk di dalamnya bergenre film apapun, baik horor, komedi, petualangan, epos/historical, perang, science/fiction, maupun musikal/tarian.

Meski setiap kali selesai menonton mau tak mau ikut membandingkan yang tersaji di layar dengan yang tertulis di dalam buku, tetap saja film yang diadaptasi dari buku mempunyai daya pikat. Maka tak jarang, film-film yang dibuat pun berhasil meraih jumlah penonton yang banyak dan jumlah pendapatan lumayan signifikan.

Untuk film Indonesia, tengok saja film Dylan (1991), yang dproduksi oleh MAX Pictures.  Film diadaptasi dari novel best seller Pidi Baiq yang  berjudul sama  dan konon berasal  dari kisah nyata. Film yang mengangkat hubungan cinta masa SMA antara Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla)  itu berhasil merebut hati penontonnya.

Critical Eleven, film layar lebar yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya ika Natassa (gambar:Tribunnews.com)
Critical Eleven, film layar lebar yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya ika Natassa (gambar:Tribunnews.com)
Contoh lainnya adalah film #TemantapiMenikah yang juga sukses menggerakkan orang untuk menonton.  #TemantapiMenikah berasal dari novel best seller karya Ayudia Bing Slamet dan Ditto yang berjudul sama. Sesuai judulnya film garapan Falcon Pictures ini berkisah mengenai perjalanan hubungan cinta  Ayudia dan Ditto sejak masih berteman zaman SMP hingga akhirnya menikah.

Selain kedua film tersebut, masih banyak film-film layar lebar Indonesia yang diadaptasi dari sebuah buku/novel. Film-film yang jelas membuat penontonnya terhibur dan merasa senang dengan sajian tayangan meski membaca langsungsebuah buku cerita/novel dengan menonton sebuah film yang diadaptasi dari sebuah buku tentu saja berbeda. Selalu ada nilai plus dan minusnya.

Lebaran 2019 dan Tayangan Film Bioskop di Televisi Rumah 

Nah terkait libur lebaran 2019, buat yang kebetulan tahun ini menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga, ada tayangan perdana film layar lebar yang akan tayang di layar televisi, tepatnya di SCTV mulai dari tanggal 5, 6, 7, 8 Juni, mulai dari jam 12.30 sampai 16.30.

Menariknya, film-film layar lebar berkualitas untuk suguhan tontonan hari raya ini merupakan  adaptasi dari novel berjudul yang sama. Film-film yang asyik untuk ditonton bersama-sama dengan keluarga. Beberapa di antaranya, yakni :


1. Keluarga Cemara

Film Keluarga Cemara berasal diangkat dari buku karangan penulis Arswendo Atmowiloto yang pernah terbit pada tahun1981. Keluarga Cemara sempat hadir sebagai tayangan sinetron televisi yang banyak menyita perhatian penonton Indonesia pada era pertengahan tahun 1990-an hingga tahun 2000-an.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN