Irma Sabriany
Irma Sabriany Mohon Tunggu... Freelancer - Berani, mengagumkan, kekanak-kanakan, suka jalan-jalan, mandiri punya gaya ngomong yang sopan, lucu, cuek

Trip Artikel Utama

Atraksi Nelayan Intha di Inle Lake, Myanmar

24 Maret 2018   04:16 Diperbarui: 24 Maret 2018   13:05 1888

Aku memulai perjalanan ke Inle dari Yangon dengan menumpang bus dan harga tiket 16000 kyatt per orang. Rabu, 24 Januari 2018 keberangkatan pukul 05.00 pm dan tiba di Nyaung Shwe esok hari pukul 04.00 am. Untuk masuk ke kawasan Inle zone, para wisatawan dikenakan tiket seharga 13500 kyatt. Tiba di Inle, atas kebaikan seorang bapak yang membantuku mencarikan tuk-tuk.

Setelah mendapat tuk-tuk, aku langsung diantar ke hostel dan pemilik hostel mau menerimaku. Setelah check in, masuk kamar nunggu waktu sholat habis itu sholat subuh dan langsung istirahat.

Kamis, 25 Januari 2018 siang hari aku mengunjungi museum yang ada di Inle. Sore hari aku mulai mencari informasi tentang perahu untuk keliling Inle lake. Jika di hostel memberiku harga 16.000 kyatt, bagiku harga ini sangat mahal. Akhirnya aku ke boat loading, disana aku ditawari harga 14.000 kyatt

(dokumentasi pribadi)
Museum di Nyaung Shwe (dok.pribadi)
Balik ke hostel, hal ini aku ceritakan dengan room mate-ku. Aku kemudian meminta pendapatnya bagaimana jika jumat pagi aku ke boat loading, mungkin bisa bertemu orang tuk share cost biaya perahu. Tanggapannya, hal itu juga yang ingin aku sampaikan kepadamu Irma. Besok kamu bangun pagi sekali, sebelum pukul 07.00 am kamu sudah harus berada di boat loading. Kujawab Ok

Jumat 26 Januari 2018 setelah melaksanakan sholat subuh. Pukul 06.30 am udara dingin menusuk. Letak Inle ini di daerah atas dekat pegunungan sehingga jika kesini tak lupa untuk membawa jaket tebal. Aku berjalan menuju boat loading. Dalam perjalanan menuju boat loading aku melihat beberapa orang berdiri di pinggir jalan sambil membawa panci. Isi panci tersebut makanan yang akan dibagikan kepada biksu.

(dokumentasi pribadi)
Tiba di boat loading, aku bertemu dengan lima orang yang berasal dari Asia. Aku bertanya, apakah aku bisa bergabung dengan mereka untuk keliling inle lake. Untuk biaya perahu share cost saja. Salah satu dari mereka menjawab Tidak bisa.

Mungkin saja alasannya perahu yang kecil, hanya cukup untuk lima orang dan satu orang yang membawa perahu. Bagiku tak masalah, aku pun jalan lagi masih di seputaran boat loading dan masih berharap dapat bertemu dengan rombongan yang akan keliling inle lake. Akhirnya aku putuskan untuk sarapan pagi dulu.

Setelah menikmati sarapan, aku bergegas lagi. Semesta mendukungku. Aku bertemu dengan lima perempuan yang ingin ke inle lake. Dari lima orang tersebut satu orang tidak bisa berangkat karena sedang migraine. Namanya ibu Jana. Kursi buat dia, diberikan kepadaku.

Sebelum naik ke boat, dia menanyakan asalku. Kujawab dari Indonesia. Dia tanya lagi, Indonesia  mana? Kujawab south Sulawesi. Dia tanya lagi, apakah aku serius? Kujawab iya. Dia memberiku informasi bahwa dia pernah tinggal di Tonasa, Pangkep tahun 1963 -- 1969. Ayahnya seorang dokter. Karena boat akan berangkat maka perbincangan kami selesai. Sebelum berangkat, dia berpesan pulang dari keliling inle lake kita ketemu lagi yah. Dia rindu berbicara bahasa Indonesia.

Bersama Ibu Jana (dok. pribadi)
Di boat telah disediakan tempat duduk dan life jacket berjumlah lima buah yakni sesuai dengan jumlah penumpang. Perahu yang digunakan kecil muat untuk enam orang. Selama menyusuri inle lake banyak pemandangan cantik. Perbukitan yang mengelilingi inle lake, ada rumah-rumah panggung di atas air kalo di Indonesia mirip-mirip rumah suku Bajo, barisan enceng gondok, kawanan burung dan yang paling menarik adalah atraksi nelayan Intha yang sedang menjala ikan.

Restoran (dok. pribadi)
Membungkus tembakau (dok.pribadi)
(dokumentasi pribadi)
Pagi itu aku menyaksikan atraksi dari nelayan Intha yang hanya menggunakan satu kaki saja. Terlintas di kepalaku, bagiku atraksi itu pasti sangat susah. Sedangkan bagi Intha itu hal yang lumrah, yang hanya memerlukan keseimbangan badan sempurna di ujung perahu, seperti atraksi sirkus yang sedang melakukan acrobat.