Mohon tunggu...
Arie Riandry
Arie Riandry Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Jurusan Studi Agama agama

Mahasiswa suka nulis macem macem

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Religius

20 Juli 2020   18:46 Diperbarui: 28 Mei 2021   18:41 5219 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Religius
Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Religius (Source: InpasOnline.com)

Hanya manusia sajalah makhluk di muka bumi ini yang memiliki sifat-sifat religius. Religius adalah bersifat religi, keagamaan, nilai-nilai kerohanian yang tertinggi yang bersumber dari keyakinan dan agama yang dianutnya.

Hanya manusia juga di muka bumi ini yang memiliki keyakinan dan agama. Hewan tidak memiliki keyakinan dan agama. 

Berabad-abad lamanya manusia bertanya tentang dirinya dan adanya dunia dari mana, dan karena kemampuannya dikaruniai akal budi dan pikirannya hingga memeroleh suatu jawaban bahwa dunia dan isinya ada karena ada juga yang mengadakan dan menciptakannya.

Di dalam masyarakat yang masih asing, hidup di pedalaman secara alami, jauh dari keramaian dan peradaban modern, mereka menggunakan bahasa isyarat setempat, bertempat tinggal, berpakaian mencari makan, menggunakan peralatan yang sederhana. 

Baca juga : Penanaman Nilai Religius pada Anak Lewat Pembelajaran Sains

Toh demikian mereka sudah mengenal ritual mantra untuk mengobati suatu penyakit yang diyakini bahwa di luar dirinya, di luar kekuasaan yang lebih dahsyat yang mampu menguasai hidup dan mati.

Di dalam tatanan masyarakat yang sedang berkembang dan maju sekalipun manusia juga memiliki sifat-sifat religius yang bersangkutan dengan keyakinan dan agama yang dipeluknya masing-masing. 

Keyakinan dan agama boleh berbeda tetapi yang baku bahwa Tuhan itu esa dan berkuasa. Karena kekuasaannya yang mutlak terkadang manusia sulit untuk memahami dan mengerti kehendak Tuhan.

Tuhan itu berkehendak bebas dan selalu baik adanya. Manusia melalui agamanya hanya mampu berdoa, bekerja dan sebatas usaha tetapi yang menentukannya adalah Tuhan. 

Baca juga : Apakah Anda Religius atau Spiritual?

Tuhan Mahasuci, Mahabaik, Mahamendengar setiap permohonan manusia. Tetapi tidak semua yang dipikirkan oleh manusia saja dengan yang dipikirkan oleh Tuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN