Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA)
YUSRIANA SIREGAR PAHU (BUNDA) Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, panggilan : Yus. Lahir : Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam dengan riwayat pendidikan SD Negeri Sontang Lama, MTsN Lubuk Sikaping, MAN Lubuk Sikaping, S1-FKIP UMSB.Rencana S2-UNP Jurusan: Bahasa Indonesia. Hobi: Membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi dan cerpen.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Anak Mencuri dan Tips agar Anak Tak Mencuri

2 Desember 2022   18:06 Diperbarui: 3 Desember 2022   16:11 352
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ibu berbicara pada anak| Dok Shutterstock via Kompas.com

Mengapa anak mencuri? Mungkin pertanyaan ini pernah menjelma di pikiran kita selaku orangtua ketika ada teman anak kita yang mencuri di usia dini, misalnya PAUD atau TK.

Saat itu Ayah Bunda mungkin ada yang menganggap, hal biasa ketika tiba di rumah, anak memakai krayon atau pensil warna yang bukan Ayah Bunda membelinya.

Apa reaksi Ayah Bunda saat melihat itu? Membiarkan sajakah? Jangan dibiarkan karena kondisi itulah awal mula karakter mencuri melekat pada anak.

Ayah Bunda harus memberitahu si kecil bahwa krayon dan pensil warna itu milik Bu Guru. Tak boleh diambil. Jika semua anak mengambil peralatan sekolah PAUD dan TK, besok si Adek dan teman-teman belajar pake apa?

Beri anak pengertian seperti itu. Jika Ayah Bunda punya uang, tanya anak apakah benar-benar butuh krayon atau pensil warna?

Jika benar butuh, sudah saatnya Ayah Bunda untuk membelikan anak krayon atau pensil warna. Temani anak mengembalikan krayon atau pensil warna yang diambil. Jika tak ditemani, kita khawatir anak takut, malu, dan tak mengembalikan.

Kalau hal itu terjadi, justru kita mendidik anak berbohong. Bagusnya ditemani. Perlu juga ditanya Bu Guru, krayon punya sekolah atau temannya. Bila sudah dipastikan barulah anak diminta untuk meminta maaf kepada gurunya.

Perhatian, diskusi, dan penuhi kebutuhan anak agar ia tak mencuri. Klikdokter.com
Perhatian, diskusi, dan penuhi kebutuhan anak agar ia tak mencuri. Klikdokter.com

Lima ilmu mendidik sejak dini yang bisa kita dapat dari kejadian di atas.

Pertama, mendidik anak jujur kepada orangtua, guru, dan teman,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun