Mohon tunggu...
Riana Pebrianti
Riana Pebrianti Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi UMRI - Akuntansi '16

Akuntansi 2016

Selanjutnya

Tutup

Money

Implementasi Ilmu Akuntansi agar Bermanfaat dan Mudah Diingat

6 November 2019   13:27 Diperbarui: 6 November 2019   13:31 518
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yuk implementasikan ilmu akuntansi yang kamu punya

Annyeonghaseyo....;)

Hello rekan -- rekan seperjuangan kali ini aku mau mengajak rekan -- rekan baik yang sejurusan ataupun tidak untuk membahas implementasi ilmu akuntansi dikehidupan sehari - hari.

Sebelum ke topik utama sebenarnya Apasih akuntansi itu? Pasti yang langsung terlintas dipikiran kita yaitu angka-angka, itung-itungan, uang, laporan dan bla bla yang lainnya.

To the point aja secara umum Akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah serta menyajikan data, mencatat transaksi apapun yang berhubungan dengan keuangan sehingga informasi yang didapat tersebut digunakan oleh orang yang berkompeten dengan informasi tersebut, serta informasi tersebut sebagai bahan pengambil keputusan.

Jadi intinya akuntansi itu berhubungan dengan itung-itungan, masalah uang, dan laporan. Nah tentunya para readers sekalian yang anak akuntansi maupun tidak, sedikit atau banyaknya pasti ada ilmu akuntansinya donk.

Apalagi mahasiswa jurusan akuntansi nih seharusnya lebih paham tentang ilmu akuntansi ini. Aku bukanlah salah satu para jagoan akuntansi, tetapi sedikitnya ilmu akuntansi yang aku punya aku gunakan dikehidupan sehari -- hari agar ilmu tersebut gampang diingat dan bermanfaat.

Yuk intip tips implementasi ilmu akuntansi dikehidupan sehari-hari :

  • Memanage keuangan pribadi
    Nah yang pertama tentu saja kita manfaatkan ilmu yang kita punya untuk diri sendiri donk, salah satunya yaitu mengatur atau mengelola keuangan pribadi kita. Biasanya sih kalau aku sendiri buatnya di exel, nah formatnya gampang banget yaitu dengan membuat jurnal umum. Sisi atasnya sudah pasti aku buat kas masuk dulu yaitu salary aku sendiri, aku posisikan didebet donk karena kas masuk. Nah dibawahnya aku buat deh pengeluaran aku selama sebulan apa-apa saja tentunya aku letakkan posisi nya dikredit. Dari catatan ini aku biasanya buat rencana belanja agar tidak kebablasan pengeluarannya.
  • Implementasi dilingkungan kerja
    Dibeberapa perusahaan terkadang untuk pelaporan keuangannya tidak mengikuti format atau ilmu akuntansi yang sebenarnya, nah jika kamu menemukan hal ini kamu bisa menggunakan ilmu kamu gaes untuk memperbaiki pelaporannya. Biasanya sih yang tidak sesuai diperusahaan-perusahaan kecil.
  • Implementasi pada usaha atau bisnis pribadi
    Jika kamu punya usaha sendiri, bisa gunakan juga ilmu akuntansi yang kamu punya dan terapkan di usaha kamu sendiri. Misalnya bisnis jualan online nih bisa juga kamu buat laporan pembelian, penjualan, stock barang, serta kas keluar kas masuknya.

So, itu dulu ya tips-tips dari aku agar ilmu akuntansi yang kita punya bermanfaat dan kita pun bisa mengingatnya serta lebih memahami pelajaran dikelas yang kita dapat.

Jika ada yang kurang berkenan dihati dan tidak sesuai dengan pendapat para readers mohon maapin yaa...penulis juga manusia ;))

See you next time gaes...
Saranghae ;)

penulis

Riana pebrianti

Universitas Muhammadiyah Riau

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun