Riana Dewie
Riana Dewie karyawan swasta

Simple, Faithful & Candid

Selanjutnya

Tutup

Wisata highlight

Mamahke Jogja, Tren Oleh-oleh Masa Kini yang "Jogja Banget"

18 Mei 2017   23:55 Diperbarui: 19 Mei 2017   16:56 32790 5 3
Mamahke Jogja, Tren Oleh-oleh Masa Kini yang "Jogja Banget"
Mamahke Jogja (Dokumentasi Pribadi)

Jogja itu terkenal dengan makanan apa hayooo? Yup betul, diantara kamu pasti bakal nyebut 'gudeg' sebagai makanan paling femes di kota kraton ini. Terus, jika ditanya lagi, oleh-oleh asal Jogja yang paling digemari itu apa hayooo? Pasti deh banyak yang akan menjawab ‘bakpia’. Nah, oleh-oleh asal Jogja yang satu ini memang enak, apalagi rasa originalnya, kacang ijo, pasti deh banyak penggemarnya. Ada kabar baik nih buat kamu yang suka dolan ke Jogja. Sekarang ada varian oleh-oleh baru lho, yang rasanya Jogja banget, tersemat citarasa istimewa, banyak macamnya serta memiliki tampilan sajian yang sangat menggugah selera. Yuk, kenalan dengan MAMAHKE Jogja.

MAMAHKE adalah trend oleh-oleh baru di Jogja yang diformulasi dalam bentuk cake dengan aneka rasa yang nendang dan memiliki rasa khas Jogja. Atas kejelian sepasang pesohor tanah air, Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo, MAMAHKE akhirnya lahir dengan kemasan yang istimewa. Bagaimana tidak, Zaskia mengaku menghabiskan waktu cukup lama demi mendapatkan rasa yang ‘endezz’ dari tiap gigitan cake yang ditawarkannya ini.

Saya adalah salah satu yang beruntung mendapatkan undangan khusus sebagai tester cake MAMAHKE. Untuk lebih memantabkan rasa, mereka tak segan meminta orang yang ditemuinya untuk mencicip cake yang masih gress itu. “Kami ingin teman-teman bisa ikut mencicipi cake khas Jogja ini. Nanti teman-teman tolong kasih masukan ya, apa saja yang kurang dari rasanya agar dapat kami perbaiki,” pinta istri Hanung ini dengan wajah berbinar.

Hanung dan Zaskia saat mengenalkan produk MAMAHKE Jogja (Dokumentasi Pribadi)
Hanung dan Zaskia saat mengenalkan produk MAMAHKE Jogja (Dokumentasi Pribadi)

Tak sekedar ikut-ikutan trend dimana artis-artis Indonesia masa kini gencar berbisnis kuliner, Zaskia dan Hanung ternyata punya secuail kisah perjuangan saat membangun bisnis barunya ini.

Berawal dari Rasa Cinta yang Mendalam kepada Jogja

Zaskia dan Hanung tak pernah melewatkan waktu untuk berkuliner ria setiap kali berlibur ke Jogja. Masalahnya, mereka tak bisa incip semua kuliner yang khas karena keterbatasan waktu. “Mas Hanung tu sering pusing. Misal hanya ada waktu dua hari ke Jogja, bingung mau pilih kuliner yang mana. Pingin makan sate klathak lah, gule lah, borong bakpia lah... ribet sendiri,” pungkas Zaskia sambil terbahak. Gara-gara itu, ide untuk membangun bisnis kuliner akhirnya mencuat di kepala :D  

Curhat Zaskia kepada Ibu Mertua tentang ‘kuliner yang Jogja banget’

Tak hanya Hanung, Zaskia pun mengaku kebingungan jika liburan ke rumah mertuanya di Jogja. Lha, liburan kok malah pada bingung? Kebiasaannya yang tidak bisa diam saat di Jakarta, mulai dari urus rumah, suami, anak-anak hingga bisnis-bisnisnya tentu saja membuatnya mati gaya saat ada di rumah mertua. Setelah bangun tidur hanya menganggur, itu yang membuatnya bosan. Hingga akhirnya demi mengisi waktu agar bermanfaat, ia sempatkan ngobrol santai dengan ibu mertuanya tentang kuliner khas Jogja.

Nah, ibu mertuanya ini sudah lama malang melintang di dunia kuliner Jogja dengan bisnis kateringnya. Zaskia sendiri ingin melengkapi ini dengan usaha kuliner yang lebih ringan, semacam kue ringan lah, oleh-oleh khas Jogja. Akhirnya, usai konsultasi panjang lebar bersama ibu mertua dan mama dari Zaskia sendiri, terwujudlah produk MAMAHKE Jogja.

Menyatukan Ide bersama Pasangan? Tak Mudah Ternyata

Sekalipun sudah hidup bersama selama hampir 10 tahun, Zaskia mengaku sempat bertengkar dengan suami lantaran perbedaan prinsip pada awal pengembangan bisnis ini. Perdebatan makin santer kala ‘rasa Jogja’ yang diketahui Hanung tak sejalan dengan ‘rasa jogja’ yang diinginkan Zaskia. Dengan kesabaran dan keyakinan, akhirnya mereka berkolaborasi untuk menentukan rasa teristimewa cake cantik ini. Selain pemilihan rasa, Hanung pun terlibat langsung dalam desain logo, penentuan caption serta bekerjasama dengan salah satu sahabat musisi untuk mencipta jingle MAMAHKE.

Zaskia bagi-bagi cake mamahke (Dokumentasi Pribadi)
Zaskia bagi-bagi cake mamahke (Dokumentasi Pribadi)

Perjuangan Mendapatkan ‘taste’ teristimewa

Menentukan rasa terbaik dari cake yang mereka kembangkan ini butuh waktu yang lumayan lama hingga akhirnya didapatkanlah 6 varian rasa utama, yaitu kacang ijo, tiramizu, red velvet, green tea coklat, coklat pisang, coklat keju. “Ini cakenya enak banget. Yang green tea ya rasa green teanya kerasa banget. Coklat Banana juga kerasa banget rasa pisangnya. Red Velvet apalagi. Dulu tuh untuk menemukan rasa keju yang ‘jogja banget’ ala saya nih lamanya minta ampun,” curhat Zaskia sambil mengingat perjuangannya.

Karena sejak awal ingin mewujudkan rasa cake yang Jogja banget, mereka menyematkan rasa kacang ijo di cake MAMAHKE. Dengan bekerjasama dengan chef terpilih, mereka terus memformulasi rasa dan tampilan cake yang makin menggoda dari waktu ke waktu. Tentu, cakenya ini terkemas simpel dan bisa langsung dinikmati.

Kembangkan Bisnis Berbau ‘Seni’

Hanung sangat menghargai seni dan iapun bercita-cita untuk memiliki bisnis keluarga yang semuanya beraroma seni. “Saya ingin semua bisnis ini tak jauh dari seni. Istri saya sudah terbiasa berbisnis fashion yang dekat dengan seni. Saya pun di perfilman selalu terhubung dengan seni. Dan untuk MAMAHKE ini sendiri juga lekat dengan seni, yaitu seni menyajikan rasa yang enak dan harapannya bisa dinikmati masyarakat”, ucap pria kelahiran Jogja ini dengan semangat.

Usai mendapatkan rasa cake yang ‘jogja banget’, mereka pun memiliki kebahagiaan lainnya saat merintis bisnis ini karena setidaknya dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Jogja.

Ladang Rezeki Jangka Panjang

Saat ditanya mengapa mereka membuka bisnis kuliner ini, secara terbuka istri Hanung Bramantyo ini menjelaskan bahwa bisnis kuliner ini merupakan salah satu rencana jangka panjang mereka. Tak dapat dipungkiri, aktivitas Hanung yang super padat beberapa tahun belakangan memaksanya untuk jarang ada di rumah. “Dulu anak-anak masih kecil, sekarang mereka butuh perhatian mas Hanung lebih banyak. Oleh karenanya, kami ingin punya bisnis yang bisa dihandel lebih mudah dan tak terlalu menyita waktu,” pungkas wanita cantik berhijab ini. Mereka pun berharap agar bisnis ini kedepannya dapat berkembang dan digemari masyarakat.

Sudah kebayang kan bagaimana sensasi rasa cake MAMAHKE ini? Pingin tahu varian rasanya? Yuk intip penampakan cakenya, pliss jangan ngiler yaa.. hehehe.. : 

Cake Rasa Red Velvet (Dok.Pri)
Cake Rasa Red Velvet (Dok.Pri)

Cake Rasa Coklat Keju (Dok.Pri)
Cake Rasa Coklat Keju (Dok.Pri)

Cake Rasa Coklat Pisang (Dok.Pri)
Cake Rasa Coklat Pisang (Dok.Pri)

Cake Rasa Tiramizu (Dok.Pri)
Cake Rasa Tiramizu (Dok.Pri)

Cake Rasa Coklat (Dok.Pri)
Cake Rasa Coklat (Dok.Pri)

***

Itulah suka duka pasangan Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo saat merintis bisnis kuliner barunya. Produk ini pun mulai berani diproduksi sejak keluar testimoni ‘enak’ dari mama masing-masing, para kerabat serta teman-teman di Jogja. Mereka merasa lebih mantab jika tester cakenya orang Jogja tulen dimana lidahnya rata-rata masih original atau belum terkontaminasi dengan makanan luar. Tak bergerak sendirian, mereka berdua juga gandeng rekan artis lainnya, seperti Irwansyah, Indra Bekti, Bella serta Zaskia Sungkar untuk membantu promosi. 

Mamah, sebuah kata yang memilik beberapa arti. Dalam Bahasa Indonesia berarti ibu dan dalam Bahasa Jawa berarti kunyah. MAMAHKE versi Hanung dan Zaskia ini mengadaptasi bahasa Jawa yang artinya 'kunyahkan'. Unik juga ya maknanya, hihihi...  Di sesi terakhir, Hanung sempat menyatakan bahwa gudeg Jogja saja saat ini sudah menjadi milik internasional karena digemari banyak orang luar, maka gantian dong sekarang cake internasional yang menjadi milik kita, tapi dengan rasa 'jogja banget' yang terkemas cantik dalam produk MAMAHKE. 

Saya sudah coba hampir semua rasa cakenya Zaskia. Rasanya legit, manisnya tak berlebihan serta ada sensasi ‘kriuk’ di bagian tengah cake yang sungguh memanjakan lidah. Pokoknya beda deh dengan rasa cake-cake lainnya. Penasaran? Pingin cobain juga? Datang saja langsung ke outlet MAMAHKE Jogja, Jalan Taman KT 1/329 (Selatan pintu masuk Tamansari). 

sumber : IG @mamahkejogja
sumber : IG @mamahkejogja

Bagi kamu yang lagi liburan ke Jogja, jangan lupa borong oleh-oleh MAMAHKE untuk keluarga di rumah ya. Tanggal 19 Mei 2017 produknya sudah dilaunching lho ke pasaran. Serbuuuuu :D 

Riana Dewie