Mohon tunggu...
Ria Mi
Ria Mi Mohon Tunggu... Guru - Menulis memotivasi diri

Guru

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Minuman Sinom Segar dan Menyehatkan

28 Juni 2022   15:15 Diperbarui: 28 Juni 2022   15:22 485
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Koleksi dan edit pribadi 


Pernahkah anda menikmati minuman ini? Minuman yang disajikan dingin enak, hangat juga enak. Tergantung situasi. Dulu ibuku sering membuat minuman ini.

Ini minuman legendaris keluarga saat lebaran. Selain rasanya perpaduan yang khas antara daun asam yang masih muda, gula dan kunyit ini alami dan tidak mengandung bahan pengawet.

Setelah dewasa saya pun kangen minuman ini karena lama ibu tak pernah membuat. Setelah beredar berbagai minuman di pasaran. Suatu hari saya haid dan sakit perut, maka ibuku menyarankan membuat minuman ini. Setelah minum sehari 3 kali nyeri pun reda.

Hari ini saya rindu rasa khasnya. Iseng-iseng saya membuka internet. Saya cari manfaat kunyit. Saya rangkum dari dinkes.jogjaprov.go.id ada 15 manfaat kunyit untuk kesehatan, yaitu:
1. Meningakatkan daya tahan tubuh
2. Mengibati radang
3. Mengurangi rasa mual
4. Mengatasi perut kembung
5. Mengurangi nyeri saat haid
6. Mengibati metastasis kanker. Ini khusus kunyit putih. Dan saya belum membaca lebih lanjut.
7. Obat alergi
8. Menangkal bakteri jahat
9. Penawar racun. Ini bersifat pertolongan pertama bagi orang yang digigit ular. Selanjutnya harus ke dokter.
10. Mengobati maag
11.Menstabilkan kadar gula darah.
12. Meredakan peradangan usus.
13. Melawan infeksi
14. Membantu menurunkan berat badan. (ini saya juga belum praktik).
15. Merawat kesehatan hati.

Kunyit memang aku rasa cukup cocok bila digabung dengan daun asam jawa. Daun yang berasa asam ini sangat segar bila digodog bersama irisan kunyit. Dilansir pemcomedan.go.id, ada 5 manfaat daun asam, yaitu: 1. Membantu penyembuhan malaria. 2. Mengobati sakit kuning dan diabeted. 3. Mengobati gigi dan gusi berdarah. 4. Mengobati kram menstruasi, 5. Menyembuhkan peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Terbawa rasa penasaran karena ingin membuat minuman jamu ini sendiri maka, saya cari juga manfaat gula merah. Saya ringkas dari m.klikdokter.com, manfaat gula merah meliputi:
1. Mengurangi nyeri perut saat haid.
2. Meningkatkan energi
3. Memperbaiki sistem saluran cerna.
4. Antiseptik.
5. Mencegah asma.
6. Tinggi mineral
7. Mencegah anemia.
8. Tinggi mineral
9. Membantu meredakan flue.
10. Membantu mencukupi nutrisi anak.

Nah setelah membaca beberapa manfaat saya jadi tambah semangat membuat minuman ini. Untuk satu paket saya buat untuk 2 gelas. Dengan bahan:

-Segenggam daun asam muda (dicuci bersih)
-2 rimpang kunyit, dikupas diiris tipis tipis.
- gula merah 10 gr.
-air 3 gelas.

Cara membuat:

Didihkan 3 gelas air, bila sudah mendidih masukkan irisan kunyit dan gula merah, bila sudah berwarna kuning merata, masukkan daun asam jawa. Setelah itu matikan kompor. Disarankan menggodognya di periuk tanah atau panci kaca, atau stenlis.

Minuman siap di sajikan hangat atau menunggu dingin tergantung cuaca. Bila cuaca dingin bisa diseduh hangat hangat, sangat nyaman dalam tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun