Mohon tunggu...
Ria Enjellina
Ria Enjellina Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa ekonomi dan bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penjelasan tentang Pasar Monopolistik dan Oligopoli

3 Desember 2022   13:19 Diperbarui: 3 Desember 2022   13:26 1297
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengertian monopolistik 

terlebih dahulu pengertian pada pasar, dalam pasar hanya ada beberapa pesaing saja. pengertian Produsen bisa berperan sebagai price setter, apabila beberapa produsen bekerja sama untuk menurunkan supply, supaya harga jualnya meningkat.

pada Pasar persaingan monopolistik merupakan salah satu jenis pasar persaingan tidak sempurna. Pada Sistem pasar monopolistik ini dikembangkan karena tidak adanya kepuasan pada analisis model persaingan pasar sempurna atau pasar monopoli.

Ciri-ciri Pasar Monopolistik

1. dalam pasar monopolistik Banyak perusahaan.

2. Kebebasan keluar masuk bagi perusahaan baru.

3. Perusahaan yang menghasilkan produk berbeda.

4. Perusahaan memiliki permintaan dalam harga yang tidak elastis, sehingga mereka dapat  membuat harga karena produk yang khas.

5. Perusahaan menghasilkan laba normal dalam jangka panjang tetapi bisa menghasilkan laba sangat tinggi dalam jangka pendek,Memasuki pasar persaingan monopolistik selalu mudah, namun sebelumnya memerlukan kampanye iklan yang luas dan besar biayanya.

6. Perusahaan tidak efisien secara alokasi dan produktif.

Contoh monopolistik 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun