Mohon tunggu...
rh tour
rh tour Mohon Tunggu... Bereputasi Baik

Menebar Manfaat.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Kejayaan Sekaligus Kehancuran Peradaban Islam di Tanah Eropa

16 Agustus 2019   15:08 Diperbarui: 16 Agustus 2019   16:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kejayaan Sekaligus Kehancuran Peradaban Islam di Tanah Eropa
sumber: franc.ic

Andalusia adalah sebuah komunitas otonomi Spanyol yang terletak di semenanjung Iberia bagian selatan. Nama Andalusia berasal dari bahasa Arab "Al Andalus" atau bahasa Gothic 'landa-hlauts' yang merujuk kepada semenanjung tempat pemerintahan Muslim pernah berjaya di masa lalu.

Periode kekuasaan Islam di Iberia dimulai ketika pasukan Ummayah berhasil mengalahkan kaum Visigoth yang saat itu menguasai Iberia. Selain itu, faktor lingkungan di mana wilayah tersebut memiliki toleransi agama yang tinggi membuat Islam disambut baik oleh warga Spanyol.

Selama  berkuasa di Spanyol, Islam berhasil tumbuh dan berkembang hingga mencapai puncak kemajuan di berbagai bidang, terutama pada bidang ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Islam berhasil mendirikan berbagai lembaga pendidikan di penjuru kota sehingga mencetak para ilmuwan terkenal yang memberi berpengaruh besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. 

Selain itu, Islam juga berjaya dalam bidang kebudayaan di mana dibuktikan dengan berdirinya bangunan-bangunan megah seperti Masjid Cordova, kota Al Zahrah, Istana Ja'fariyah, tembok Tokdo, Masjid Sevilla, Istana Al Hamra, dan lain -lain.

Peradaban Islam mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Abd al Rahman III (912-961 M) di mana kota Cordova menjadi pusat peradaban Islam di dunia. Namun, keyajaan ini tidak berlangsung lama. Adanya perubahan struktur politik membawa kemunduran terhadap peradaban ini. 

Kemunduran tersebut mulai nampak ketika khalifah al Hakam II wafat hingga akhirnya membawa kehancuran terhadap peradaban Islam di Spanyol. Konflik dengan agama lain hingga kemunduran pada sektor ekonomi membuat Islam terusir dari wilayah ini. Meskipun begitu, jejak-jejak peninggalan kejayaan Islam di Spanyol tetap lestari hingga sekarang.

Kota-kota di Andalusia saat ini masih menyimpan sepenggal kisah atas kemajuan peradaban Islam di masa lalu. Cordoba, Granada, Sevilla, dan Toledo terbilang kota yang penting bagi peradaban Islam di Andalusia. 

Cordoba adalah pusat pemerintahan dan politik Andalusia, Madrid dan Toledo merupakan garda depan, Sevilla menjadi lumbung pangan, dan Granada adalah saksi kebangkitan sekaligus runtuhnya kepemimpinan umat Islam.

Perjalanan wisata selama 10 hari menyusuri peradaban Islam di benua Eropa akan membawa Bapak/Ibu untuk mengunjungi kota-kota penting tersebut sekaligus merasakan bagaimana masyarakat Andalusia rukun dan saling menghormati sehingga terciptanya lingkungan yang aman dan damai.

Selain itu, Bapak/Ibu akan menyusuri jejak peradaban Islam di dataran Eropa lainnya seperti di Maroko. Maroko merupakan negara yang dikenal memiliki nuansa islam yang kental. Peradaban Islam mulai berkembang di negeri ini pada abad ke-7 masehi. 

Perjalanan wisata muslim ini akan mengajak Bapak/Ibu untuk mendatangi berbagai negara dengan nilai historis Islam yang tinggi sehingga Bapak/Ibu dapat melihat langsung bukti kejayaan peradaban Islam di dunia, khususnya pada wilayah Eropa

KONTEN MENARIK LAINNYA
x