Mohon tunggu...
Rizqy Rhamadhany
Rizqy Rhamadhany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Mahasiswa KKN 30 UPI Melaksanakan Pendampingan Pendidikan di Desa Cimanggu

29 Agustus 2022   19:26 Diperbarui: 29 Agustus 2022   19:36 115 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan pendampingan belajar melalui bimbingan belajar merupakan proses pemberian bantuan atau pertolongan baik bagi individu maupun kelompok oleh seorang atau lebih pembimbing yang memiliki keahlian di bidang tersebut dalam menentukan pilihan, penyesuaian serta pemecahan masalah belajar yang berkaitan dengan perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman, latihan maupun rangsangan. 

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan. Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. 

Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. 

Di lingkungan sekolah yang menjadi pendidikan yang kedua dan apabila orang tua mempunyai cukup uang maka dapat melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi dan akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi kemudian menjadi seorang yang terdidik . Alangkah pentingnya pendidikan itu. 

Guru sebagai media pendidik memberikan ilmunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Peranan guru sebagai pendidik merupakan peran  memberi bantuan dan dorongan ,serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak  agar anak dapat mempunyai rasa tanggung jawab dengan apa yang dia lakukan. Guru juga harus berupaya agar pelajaran yang diberikan selalu cukup untuk menarik minat anak .

Dokpri
Dokpri

Kelompok KKN 30 UPI yang melakukan Pendampingan belajar di SD Cimanggu,Karena Di Desa Cimanggubanyak sekolah yang masih kekurangan tenaga pengajar, dan akhirnya kita mendapatkan ijin dari kepala sekolah SD Cimanggu untuk melakukan Pendampingan di SD Cimanggu.

Kelompok KKN kami memilih di SD Cimanggu dikarenakan kurangnya Tenaga pengajar di SD Cimanggu, Di SD Cimanggu pun masih banyak kurangnya fasilitas untuk mengajar salah satunya yaitu kelas, sehingga di bagi ada yang masuk pagi hari dan siang hari. dan terkadang perpustakaan yang seharusnya tempat untuk membaca bagi para murid dijadikan tempat untuk belajar.

Selama disana kami pun berusaha membantu memfasilitasi pendampingan mengajar dengan kita turun langsung untuk mengajar di SD Cimanggu agar para tenaga pengajar dapat melakukan istirahat dengan cukup. semoga kegiatan KKN tematik pendidikan tersebut dapat berjalan dengan harapan untuk meningkatkan pendidikan yang lebih baik untuk kedepannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan