Mohon tunggu...
Muchamad Reza Supriyono
Muchamad Reza Supriyono Mohon Tunggu... Hoteliers - No one has the ability to do something perfectly. But each person is given a lot of opportunities to do something right.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata dan Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2019

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Mengikuti Kompetisi La Cuisine

5 Maret 2021   03:40 Diperbarui: 5 Maret 2021   04:01 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Perkenalkan sebelumnya nama saya Muchamad Reza Supriyono, seorang Mahasiswa Aktif Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan saya juga merupakan seorang Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Tahun 2019.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya mengikuti dan menjadi peserta pada  Kompetisi La Cuisine di Event Culinary terbesar di Indonesia SIAL INTERFOOD at JIEX --PO Kemayoran Jakarata bersama Jakarta Hotel Association pada tahun 2018.

Pengalaman saya menjadi perserta di salah satu mata lomba dikompetisi terbesar di Indonesia Di SIAL INTERFOOD Kemayoran, di mulai dengan adanya penawaran dari guru produktif kejuruan saya, pendaftaran ini disebarkan lewat media social Association of culinary professional yang waktu itu pada mata lomba ini berkeja sama dengan Jakarta Hotel Assocition. Saya mendaftar kan diri bersama teman -- teman sekejuaruan saya untuk menjadi tim lomba dari smkn 38 jakarta, yang job desk lombanya terdiri dari Manager, Head Chef, Chef, saya sebagai head waiter dan teman saya menjadi waiters.

            Dimulai dengan adanya press conference dengan pihak dari Jakarta Hotel Associtioan tepatnya di Ayana Mid Plaza Jakarta, pada kesempatan ini membahas  seluruh materi yang akan dilombakan dengan nantinya dengan tema Archipelago Indonesian set menu, pada saat press conference ini saya dan teman - teman saya  juga diberikan seoarang mentor dari salah satu hotel bintang 5 yang merupakan anggota dari JHA yaitu Fairmont hotel, disini kami diberikan pelatihan untuk belajar dalam tim selama satu bulan bersama Chef The  Cuisine dan Restaurant Manager yang ada disana, tepatnya di restaurant Indonesia  bernama" 1945 ", mereka berdua merupakan seseorang mentor yang telah banyak berjasa untuk kami, memberikan banyak sekali experience dan  knowledge kepada kami sebagai bekal  kami untuk dapat berkompetisi dengan baik di dalam kompetisi besar ini.

Hari demi hari kami lewati dalam latihan satu bulan di Fairmont hotel, sebelum tiba saatnya kami berkompetisi, kami juga di berikan ujian khusus dimana pada ujian ini kami diberikan sebuah tantangan untuk melayani seorang general manager dan beberapa dari pihak hotel lainnya, pertamanya kami sangat gugup, karena saya dengan tim harus melayani seseorang yang memiliki jabatan tertinggi di hotel itu, namun saya dan teman -- teman saya tetap membualatkan tekat kami untuk terus maju  serta terus berusaha sebaik mungkin agar bisa menghasilkan yang terbaik saat kompetisi nanti.

Akhirnya hari Kompetisi ini tiba, saya dan tim saya langsung bergegas pergi ke hotel pagi -  pagi sekali untuk berangkat bersama para mentor kami dan beberapa staff hotel lainya menuju tempat kompetisi tersebut, pada kompetisi ini pertama kali dimulai dengan melakukan setup dan design terhadap meja makan untuk 6 orang dan di lanjutkan dengan lomba memasak makanan untuk para tamu dan juri, dan setelah makanan siap saya dan teman saya langsung melayani orang yang menjadi tamu saya. Setelah kami melakukan pelayanan kepada juri dan tamu kami, Saya dengan tim saya mendapatkan feedback yang cukup baik dari para tamu dan juri, dan pada saatnya para juri akan membagikan hasil juara, kami tim dari smkn 38 jakarta mendapat silver medal awards. kami sangat berterimakasih  kepada para mentor yang telah membantu kami, pihak hotel dan guru -  guru yang telah mendukung kami, walau tidak mendapatkan gold medal, saya sudah sangat bersyukur dengan hasil yang kami dapatkan dan juga tidak mudah bagi kami karena perserta lawan kami waktu itu semuanya merupakan dari  seorang mahasiswa perguruan tinggi dan alhamdulilah atas semua kerja keras yang kami lakukan akhirnya membawakan hasil dan cukup membuat kami lebih termotivasi untuk siap mengikuti kompetisi yang akan datang nantinya. 

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun