Mohon tunggu...
RezaA
RezaA Mohon Tunggu... Wiraswasta - Pengasuh Kucing

Pecandu Teh Poci, nulis kalo lagi mood, gaada bahas tema yang spesifik, jadi nulis suka suka aja

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

Radiohead "Fitter Happier", Daftar Panduan Diri untuk Menyatu dengan Sosial

1 September 2022   21:54 Diperbarui: 3 September 2022   18:20 684 10 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Radiohead | Sumber: Radiohead via npr.org

Pada 21 Mei 1997 band Rock asal Inggris Radiohead merilis album legendaris Ok Computer, bahkan diakui menjadi salah satu album terbaik sepanjang masa.

Album berisi 12 track ini membahas tentang kekhawatiran tentang masyrakat yang bergantung pada teknologi pada waktu itu.

Kali ini aku ngga ngebahas tentang Album ini secara kesuluruhan tapi berfokus pada lagu ke-7 album ini yang berjudul Fitter Happier.

Kenapa hanya membahas lagu ini?

Karena pada lagu ini dapat dibilang juga bukan sebuah lagu melainkan narasi. Pada track ini diisi oleh suara robot yang membaca lirik yang telah di tulis yang diberi nama Fred. Fred' dapat ditemukan di komputer macintosh pada aplikasi SimpleText. 

Saat penulisan lirik lagu ini, sang penulis, Thom Yorke, mengatakan bahwa lagu ini terinspirasi bagaimana cara hidup orang pada tahun 90an. Walaupun lirik ini memang seperti panduan hidup, tapi musik yang mengiringi cukup terdengan menyeramkan dan melankolis. 

Menurutku juga lagu ini merupakan lagu paling "seram" diantara lagu yang ada di Ok Computer. Banyak yang bilang Lagu ini merupakan gambaran keseluruhan tema yang ingin dibahas di Ok Computer. 

Di sub reddit Radiohead sendiri ternyata banyak diskusi terkait lagu ini, karena memang pembawaannya yang abstrak tentu saja membuat bingung pendengar.

Mari Kita bedah liriknya setiap baris.

Lirik diawali dengan Fitter, Happier, More Productive Comfortable. Lagu dimulai dengan judul dan langsung terasa sediki aneh. Tidak hanya dinarasikan dengan suara robot, tapi terdengar seperti propaganda. Ini adalah lagu dystopian ideal yang diumumkan dari speaker di tepi jalan.

Regular Exercise at the gym (3 days a week)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan