Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Broadcaster yang hobi menulis.

Penyuka Psikologi, Sains, Politik dan Filsafat yang tiba - tiba banting stir jadi penulis Fiksi. Baca cerita terbaru saya disini : https://www.wattpad.com/user/Reypras09

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Yuk, Belajar Menulis Mulai dari Nol (Bagian 2)

12 Januari 2021   12:41 Diperbarui: 12 Januari 2021   13:06 428
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi menulis (Sumber: pixabay.com/DarkmoonArt_de/1981 images)

Sebelum membaca lanjutan artikel yang kedua ini, mohon terlebih dahulu membaca artikel bagian pertama disini. Karena saya tidak akan lagi menjelaskan apa yang sudah diuraikan dan diharapkan anda bisa mengikuti konsep yang saya bagikan ini dari awal.

Begitu banyak ternyata yang cukup antusias mencerna artikel bagian pertama. Dan kini saya akan melanjutkan bahasan kemarin, masih soal tulis menulis dibagian kedua ini.

Terus terang saya tak menyangka akan mendapat sambutan hangat dari para pembaca. Saya senang apabila yang saya bagikan ternyata bisa membantu mengatasi kesulitan-kesulitan dalam menulis dan juga berma'at bagi yang membutuhkan.

Namun sekali lagi saya ingin sampaikan, meski saya sering berbagi tentang tip-tip dan trik menulis, bukan berarti saya sudah jago dan mahir menulis.

Tapi lewat berbagi itulah saya bisa mengikat dan mengamalkan pengetahuan dan ilmu yang saya punya supaya saya juga tidak lupa dan terus mempraktikkan-nya. Jadi, kita sama-sama belajar bareng.

Kalaupun dalam penyampaian-nya saya terkesan mengajari, menggurui, atau menganggap anda tidak tahu apa-apa, percayalah itu hanya gaya saya saja dalam setiap penyampaian ide yang saya uraikan.

Tidak ada maksud atau niatan untuk menggurui atau mengajari, karena seorang penulis tidak boleh menganggap pembacanya bodoh, justru seorang penulis harus mampu memancing nalar pembaca, memancing sikap kritis dari pembaca dan mengajak diskusi pembacanya.  

Saya hanya senang menyampaikan isi pikiran ini secara straightforward, to the point, tajam, blak-blakan dan apa adanya.


***

Dibagian pertama, saya sudah mengupas apa saja masalah-masalah dan kesulitan-kesulitan yang seringkali dialami oleh penulis pemula. 

Dibagian pertama, saya juga sudah menyinggung soal bagaimana mengelola, mengembangkan ide dan mengatasi keterbatasan kosakata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun