Mohon tunggu...
Revansa Dewangga
Revansa Dewangga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Nganjuk Ubah Kawasan Kriminal Jadi Solusi Ekonomi

13 September 2022   15:44 Diperbarui: 13 September 2022   15:53 173 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Mungkin jika bicara soal Nganjuk banyak Sebagian dari masyarakat umum yang tidak akan tau, jika tau mungkin Nganjuk hanya dianggap sebagai daerah biasa yang menjadi bagian dari provinsi Jawa Timur. 

Nganjuk dikenal hanya oleh Sebagian masyarakat umum itupun dianggap sebagai daerah biasa saja. Nganjuk juga bisa dikenal oleh orang umum sebagai tetangga dari daerah yang dianggap sebagai daerah yang lumayan maju yaitu Kediri. 

Wajar jika Nganjuk dianggap sebagai daerah yang biasa biasa saja karena memang beberapa tahun terakhir Nganjuk kurang bisa memajukan daerahnya baik dari segi wisata, sarana prasarana, ekonomi dan lain lain. Tapi pada 2021 sampai sekarang Nganjuk berusaha lagi memajukan daerahnya.

Dengan cara apa Nganjuk berusaha memajukan daerahnya?

Nganjuk memajukan daerahnya salah satu nya dengan cara merubah kawasan rawan kriminal menjadi kawasan ekonomi. Kawasan rawan kriminal yang dimaksud disini adalah kawasan jalan Ahmad Yani di kecamatan Nganjuk kabupaten Nganjuk. Jalan Ahmad Yani adalah jalan besar yang menghubungkan daerah Loceret dengan alun alun kota Nganjuk.

Pada siang hari kawasan sekitar jalan Ahmad Yani ini memang ramai orang lalu Lalang bahkan sampai macet. Namun itu hanya pada jam jam sibuk, jika tidak pada jam kerja atau jam sibuk jalan ini akan sepi, tidak terkecuali pada malam hari. 

Pada malam hari dengan lampu penerangan jalan yang minim dan jalan yang sepi menjadikan kawasan sekitar jalan A.Yani ini sebagai kawasan rawan Tindakan kriminal. Memang benar banyak anak muda atau remaja yang ada didaerah ini tapi terkadang mereka lah yang malah menjadi biang masalahnya. 

Remaja yang ada disekitar kawasan jalan A.Yani ini sering melakukan Tindakan kriminal yaitu tawuran. Tawuran yang terjadi sebenarnya tidak ada alasan yang mendasarinya, mungkin karena tawuran mungkin sudah menjadi budaya yang terjadi di daerah Nganjuk. 

Hal ini didukung juga dengan banyaknya perguruan perguruan pencak silat yang ada di Nganjuk. Mereka bisa tawuran hanya karena bertemu kelompok atau perguruan lain, hal ini juga sering terjadi di kawasan sekitar jalan Ahmad Yani. Jalan yang terkesan sepi dan luas menjadi lahan tawuran yang pas bagi mereka.

Bukan hanya tawuran saja banyak nya preman didaerah kawasan sekitar jalan A.Yani juga menjadi alasan mengapa tingkat kriminalitas dikawasan ini tinggi. Banyak terjadi kasus pencurian, pencopetan, bahkan pembegalan yang terjadi.

Mungkin ada satu kasus atau tindak kriminal yang terjadi dan itu sangat meresahkan masyarakat sekitar kawasan ini, yaitu balap liar. Karena jalan A.Yani menghubungkan dua daerah yang penting di kabupaten Nganjuk model jalan memang sudah bagus dan jalannya pun lurus. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan