Mohon tunggu...
Florentina Retno Parwiyati
Florentina Retno Parwiyati Mohon Tunggu... Simple life to be a better person

Menulis sejak 2015 Menulis untuk menumpahkan rasa. Menulis dengan cara sederhana.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

KRL Segera Hadir di Yogyakarta

16 November 2020   14:47 Diperbarui: 16 November 2020   16:26 69 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KRL Segera Hadir di Yogyakarta
Berbagai jenis tipe KRL, doc: IG KAI Commuter

Apakah anda pengguna transportasi Kereta Prameks? Seberapa sering Anda menggunakan kereta ini? Kalau saya sendiri  termasuk pramekser, hampir setiap melakukan perjalanan ke Solo saya lebih memilih menggunakan moda transportasi umum satu ini. 

Di samping jadwalnya fleksibel (banyak jadwal yang bisa dipilih) nyaman dan lebih cepat sampai jika dibandingkan menggunakan transportasi umum yang lain seperti bus. Atau berkendara dengan mobil pribadi atau motor. Alasan lain memilih Kereta Prameks karena jalan raya Jogja-Solo semakin padat dengan kendaraan, sehingga demi kenyamanan saya memilih menggunakan kereta.

Pada hari Sabtu (7/11) kemarin saya berkesempatan ikut ngobrol santai bareng Dirut PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) Ibu Wiwik Widayanti yang menjelaskan tentang rencana pengoperasian KRL (Kereta Rel Listrik) Jogja-Klaten. 

Loh kok baru Jogja-Klaten? Iya sabar dulu ya karena pembangunan  tiang dan jaringan Listrik Aliran Atas (LAA) belum selesai sempurna sampai Solo. Jadi untuk sementara akan di uji coba dari Jogja sampai Klaten. Mendengar kabar ini saya tentunya sangat gembira, buat saya kereta menjadi moda transportasi umum yang paling nyaman. 

Bincang santai uji coba KRL Jogja-Klaten bersama Dirut PT KCI, docpri
Bincang santai uji coba KRL Jogja-Klaten bersama Dirut PT KCI, docpri

Saya mencoba flashback kapan pertama kali saya naik kereta? Ingatan pun berjalan ke masa lampau, waktu itu saya masih berada di bangku Sekolah Dasar. Nenek mengajak saya dan kakak ke Jakarta naik kereta ekonomi. Betapa girangnya saya waktu itu, pertama kalinya pergi ke Jakarta dengan kereta. Dan sejak saat itu saya selalu rindu untuk melakukan perjalanan dengan kereta. Beberapa tahun lalu saya  sempat merasakan nyamannya naik KRL dari Bogor menuju Jakarta. 

Teman menyarankan untuk naik di jam tidak sibuk, supaya bisa benar-benar menikmati kenyamanan menggunakan KRL. Saya pun mengikuti saran dari teman dan benar saja, saya kembali jatuh cinta naik kereta dan kali ini KRL. Saya sangat menikmati perjalanan dari Bogor-Jakarta Pasar Senen, walau harus ganti kereta, tapi itu gak jadi masalah buat saya. 

Kereta Prameks saat ini, dokpri
Kereta Prameks saat ini, dokpri

Dan kini akan hadir KRL di Jogja, wah seneng banget dong. Antusiasme masyarakat Jogja-Solo dan sekitarnya sangat terasa, ini dibuktikan dengan penjualan kartu e money edisi khusus Yogyakarta  beberapa waktu lalu. 10.000 kartu terjual habis hanya dalam waktu 1 Minggu. Padahal keretanya belum jalan dan mesin tap tiket juga belum terpasang. 

Duh saya gak kebagian kartu e-money yang edisi Jogja. Adakah kalian yang sudah mendapatkannya? Buat yang belum jangan khawatir karena PT KCI bakal mengeluarkan kartu baru lagi nantinya. Selain itu pihak KAI akan bekerja sama dengan pihak perbankan untuk mempermudah masyarakat nantinya. Ini salah satu yang ditunggu oleh para anker (anak kereta) dimana pengguna KRL sudah tidak perlu lagi mengantri membeli tiket di stasiun untuk bisa naik KRL. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x