Mohon tunggu...
Resi kartikaprasasti
Resi kartikaprasasti Mohon Tunggu... UIN Maulana Malik Ibrahim,MALANG

Kunci Kesuksesan Adalah Belajar Walau Hanya Selembar Buku

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kuliah Online? Bisa Rebahan Dong!

19 Maret 2020   07:32 Diperbarui: 19 Maret 2020   07:36 47 1 0 Mohon Tunggu...

"Wah kuliah online, enakkk tuh buat rebahan jalan-jalan samaa doi, terbebas dari tugas. Tidak perlu ke kampus lagi buat tatap muka sama dosen, cucian juga tidak nambah lagi jadi hewat baju". Tidakk semudah itu maimunahh 

Banyak mahasiswa yang berfikir kalau kuliah online merupakan hal terindah sebab yang dibayangkan oleh mahasiswa"ketika kita kuliah online kita bisa sambil rebahan dan tidak dipusingkan oleh tugas dan lebih santai dari biasanya". Faktanya kuliah online tidakk seindah yang orang-orang pikirkan. Malah lebih membuat mahasiswa jadi makin kepikiran dan waswas.  Terkadang ekspetasi tidak seindah realita. 

Terus apa yang terjadi ketika pembelajaran online di terakan di berbagai kampus dan sekolah? Ketika pembelajaran online anak-anak akan tidak tenang karana semua berbasis online maka daftar hadir pun online. Jadi ketika mahasiswa atau siswa sekolah dalam perjalanan atau memiliki kesibukan yang menuntutnya tidak memegang hp sama sekali, dan mahasiswa atau siswa sekolah lupa bahwa pada jam ini kuliah atau sekolah telah dimulai. Maka mahasisws dan siswa sekolah dianggap alfa. 

Bukan hanya itu, bahkan dari berbagai teman saya yang juga sering mengeluh, pasalnya terlambat 1 menit dalam pembelajaran sudah di absen alfa. Malah dia mengatakan bahwa lebih baik kuliah berbasis offline dari pada online yang bisa langsung tatap muka tampa tergesah-gesah memikirkan kehadiran yang mana kita sudah ada didalam kelas yang menandakan kita sudah hadir. Dan lebih efektif ketika kuliah offline karna kita bisa langsung bertanya ke dosen semisalnya ada materi yang tidak kita pahami sehingga itu akan memudahkan mahasiswa dan siswa lainnya.

Banyaknya tugas yang diberikan dosen ke mahasiswa atau siswa SMA. Banyak yang berfikiran bahwa kuliah online maka tugas mulai berkurang. Padahal dengan adanya kuliah online maka tugas perkuliahan atau SMA malah makin banyak. Agar anak disibukkan oleh tugas wajib dari dosen dan guru sekolah. Maka dari itu banyak mahasiswa dan siswa mengeluh akan tugas dengan deadline yang sesingkatnya yang harus menuntut mereka mengerjakan semua tugas dengan cepat.

Namun ada baiknya juga sistem pembelajaran online, dimana anak bisa pulang kampung atau tetap dirumah dan berkumpul bersama kelurga. Kita jadi lebih menyibukkan diri dengan belajar di rumah, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Terhindar dari kerumunan orang-orang, jadi kita bisa terhindar kontak langsung dengan orang luar untuk berjaga-jaga terjadinya penularan virus corona. 

Pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran online agar kita bisa menghindari virus yang sedang viral ini yaitu corona. Tapi jangan jadikan pembelajaran online itu sebagai alasan buat berleha-leha,rebahan, melupakan tugas, dan jalan-jalan ke keramaian yaa teman-teman. Ingat pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin agar kita tidak terkena virus corona maka dimanfaatkan semaksimal mungkin.

VIDEO PILIHAN