Mohon tunggu...
Reny Eka Agustin
Reny Eka Agustin Mohon Tunggu... Hidup adalah berjuang

Di saat tidak dapat mengucapkan maka tulislah

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Wisata Gratis, Alun-alun Tugu Kota Malang

26 Agustus 2019   10:02 Diperbarui: 26 Agustus 2019   10:06 98 1 0 Mohon Tunggu...

Kota Malang memiliki banyak tempat yang dapat dikunjungi sebagai objek wisata. Mulai dari yang gratis hingga dengan tiket yang cukup mahal. Ada wisata alam, sejarah, buatan, bahkan pusat atau sentra oleh-oleh yang menjadi surga belanja bagi para wanita.

Salah satu objek wisata yang gratis atau tanpa bayar adalah "Alun-alun Tugu Kota Malang". Alun-alun ini berlokasi di Jl. Tugu, Kidul dalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang Jawa Timur 65111 (GPS Coordinates(2019)). 

Bentuknya bulat sehingga tempat ini dikelilingi oleh berbagai fasilitas penting Kota Malang, diantaranya Balai Kota Malang, Hotel Tugu Malang, dan SMA 3 Malang.

Tempat ini sangat strategis untuk dikunjungi, baik dengan kendaran pribadi atau angkutan umum. Jika dari Stasiun Malang Kota Baru cukup dengan jalan kaki, dan jika dari Terminal Arjosari dapat dijangkau dengan menggunakan angkot A-D-L cukup dengan merogoh koceng Rp 5.000,-.

Alun-alun ini memiliki ikon yang sangat mencolok, yaitu sebuah tugu. Letaknya berada di tengah kolam yang dibangun di tengah taman. Kolam yang mengelilingi tugu ditumbuhi bunga teratai yang sangat cantik, selain itu juga terdapat banyak ikan dalam kolam. 

Airnya cukup jernih, sehingga ikan dapat terlihat dari atas permukaan kolam. Di sekitar kolam terdapat pagar sebagai pembatas agar tidak terjadi hal yang berbahaya.

Selain kolam, di Alun-alun Tugu terdapat berbagai macam tanaman. Sehingga menjadikan suasana di taman semakin sejuk dan hijau. Spot foto yang paling banyak adalah menampilkan tugu ditengah kolam dan keindahan bunga yang tertanam secara rapi di taman.

Di Alun-alun Tugu terdapat jogging track yang dapat digunakan untuk berolah raga sembari menikmati udara sejuk Kota Malang. Jika lelah berlari kecil, pengunjung dapat beristirahat di kursi taman yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Tidak kalah penting dari fasilitas yang ada, tempat sampah juga tersedia di area taman. Hal ini sebagi wujud untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan Alun-alun Tugu Kota Malang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x