Mohon tunggu...
Reno Maratur Munthe
Reno Maratur Munthe Mohon Tunggu... Penulis - Reno

Munthe Strategic and International Studies (MSIS)

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Fokus pada Hal yang Ada

18 April 2022   06:05 Diperbarui: 18 April 2022   06:19 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Coffee shop Ilustration | Photo: gmboel.com

Awal minggu ini dimulai dan saya merasa beruntung sekali mengawalinya dengan ungkapan rasa syukur.

Kenapa? Karena pagi ini, ketika saya sedang melangsungkan rapat daring di sebuah coffee shop, seorang teman setia yang banyak membaca tulisan saya di Kompasiana memberikan saya sebuah pesan singkat yang cukup menyentuh sanubari saya.

Tulisan yang dibacanya itu memang sudah lama terbit, namun ia baru sempat mengungkapkannya saat ini kepada saya.

Jujur saya sangat senang sampai hal ini membuat saya termenung beberapa saat.

Literally, mata saya berkaca-kaca mencoba memahami bahwasanya ada orang lain yang merasakan dampak dari tulisan saya sedalam ini bagi kehidupan mereka.

What she didn't know is how I've been feeling like maybe I haven't done enough/achieved enough lately.

Her note made me pause and remind me to be kinder to myself and have gratitude for the present.

Karena selalu mudah untuk bisa fokus ke hal yang kita tidak lakukan/tidak dapatkan, tapi alangkah baiknya untuk juga ingat apa yang ada di hidup kita.

Kita semua mau orang grateful untuk diri kita. Tapi.. kapan terakhir kali kamu give thanks ke seseorang di hidup kamu?

Jangan sampai kalian menyesal tidak memberi gratitude ke orang yang kalian appreciate.

(RM)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun