Mohon tunggu...
helen_s.maria
helen_s.maria Mohon Tunggu... Administrasi - #exploreIndonesia #explorethe world

@helen_s.maria

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Transit Seru di Kota Makassar

27 Oktober 2017   18:50 Diperbarui: 27 Oktober 2017   19:26 5777 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Transit Seru di Kota Makassar
Pantai Losari

Transit di  Sultan Hasanuddin International Airport (UPG) itu bisa menjadi  waktu singgah yang menyenangkan.  Apalagi kalau waktunya cukup untuk keluar dari Airport lalu  jalan-jalan ke kota Makassar. Kali ini dalam perjalanan menuju Wakatobi, saya dan Rianasari transit beberapa jam sebelum melanjutkan penerbangan menuju  Kendari - Wakatobi.

Jadwal pesawat  Sriwijaya Air dari bandara Soekarno Hatta menuju Makassar yang harusnya adalah jam 00:05 WIB tanggal 30 Agustus 2017 dimajukan menjadi sekitar jam  22:50 WIB tanggal 29 Agustus 2017. 

Waktunya  orang-orang di rumah sedang tidur, saat itu saya harus ke Bandara dan melanjutkan tidur di pesawat.  Dinihari, saat sedang enaknya tidur, pesawat mendarat dan tentu saja semua penumpang harus turun. Di Bandara, bukannya mencari tempat untuk melanjutkan tidur, kami malah memesan kopi sambil mengobrol sampai pagi ha ha ha.

Bandara Soekarno Hatta
Bandara Soekarno Hatta
Kopi Dinihari
Kopi Dinihari
Melihat  jadwal penerbangan kami selanjutnya, seperti yang sudah kami rencanakan, pagi ini kami akan menyewa mobil untuk pergi ke kota Makassar. Durasi yang kami tentukan adalah tiga jam dan harus kembali lagi ke bandara. Durasinya tidak jauh berbeda dengan saat beberapa tahun lalu,  dari Sorong menuju Jakarta, transit di Makassar, saya kuliner di kota bersama kakak Dwi Wahyu Lestari.

Makassar atau dikenal juga dengan Ujung Pandang adalah ibukota Sulawesi Selatan yang memang banyak dilalui sebagai kota transit menuju Indonesia bagian timur. Kalau  punya waktu sekitar lebih dari tiga jam, coba deh untuk jalan-jalan ke kota. Apa yang bisa dilakukan dengan durasi tiga jam? Tentu saja bisa untuk mengisi waktu, melihat-lihat kota lain yang bukan tempat tinggal kita, kuliner makanan lokal, mengunjungi tempat wisata terdekat dan lain-lain.

Pasti sudah banyak yang tahu kalau Makassar terkenal dengan makanan-makanan enaknya. Makanan tersebut mungkin bisa ditemui di kota kita masing-masing. Tetapi menikmati makanan di kota asalnya pasti akan sangat berkesan. Beberapa makanan yang terkenal adalah Coto Makassar, Jalangkote, Es Palubutung, Es Pisang Ijo, Sop Konro dan banyak lainnya. Nah, Riana teman saya juga suka kulineran, cocok deh kami mencari sarapan dan jajanan.

Ada banyak tempat wisata di Makassar, tetapi dengan durasi yang singkat ini kami hanya bisa mengunjungi beberapa saja yang tempatnya berdekatan. Yuukkkzzz cuuuzzzz.

Selesai minum kopi, kami mencari tempat sambil menunggu pagi lebih terang. Sebenarnya ngantuk, tetapi keinginan buat jalan-jalan dan tidak mau rugi waktu mengalahkan kantuk kami hahaha. Semangat kami mulai keluar dari gedung bandara untuk mencari mobil sewaan. Seorang bapak menawari harga sewa mobil, kami menjelaskan durasi dan rencana kami, lalu tawar menawar harga dan akhirnya sepakat. Jam menunjukkan pukul 06:20 WITA.

Traveler itu harus bisa tidur dimana saja
Traveler itu harus bisa tidur dimana saja
COTO NUSANTARA

Tujuan pertama pagi ini adalah Coto Nusantara di Jalan Nusantara No. 32 Makassar. Kami memilih kuliner pagi ini karena kata kakak Google buka dari  jam 06.30 -- 18:00 WITA, cocok dengan waktu kami dan perut yang sudah mulai "berkokok" (ayam kaliii). Sampai disini ternyata sudah ada beberapa pengunjung yang lebih pagi dari kami hahaha.

Kami memesan masing-masing semangkok coto daging sapi ditemani ketupat, buras dan the manis panas. Saya yang sudah hampir dua tahun tidak makan daging, akhirnya menjadikan hari ini sebagai "hari makan daging" glek ha ha ha. Sarapan luar biasa.

Semangkuk Coto
Semangkuk Coto
Coto dan kawan-kawan
Coto dan kawan-kawan
Sarapan kami
Sarapan kami
BENTENG ROTTERDAM

Setelah sarapan coto, kami melanjutkan ke target tempat berikutnya.  Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang lokasinya tidak jauh dari tempat Coto Nusantara. Dari Wikipedia saya membaca dan mengutip ;

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN