Mohon tunggu...
Rembulan Permata
Rembulan Permata Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

Accouting 18

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Membangun Kreativitas di Tempat Kerja

21 Agustus 2021   02:10 Diperbarui: 21 Agustus 2021   02:18 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
berpikir perubahan | sumber :adhe7x.com

Kreativitas merupakan suatu hal yang positif bagi organisasi. Kreativitas bisa dijadikan sebagai pendorong inovasi dan keberhasilan organisasi pada lingkungan yang kompetitif. Untuk menumbuhkan lingkungan tempat kerja yang kreatif, kita harus lebih dulu memicu pemikiran kreatif pada diri kita sendiri. Banyak orang lupa bagaimana membiarkan pikiran mereka menjadi liar dan menghasilkan ide-ide yang inovatif. Seorang pemimpin juga harus mendorong karyawannya untuk berpikir kreatif. Beri mereka sedikit bantuan dengan mendorong pola pikir yang benar untuk dapat bertahan.

Kesesuaian individu dengan pekerjaan yang menuntut skill kreativitas dapat diwujudkan apabila karyawan memiliki pengetahuan, dan kemampuan serta difasilitasi lingkungan kerja yang mendukung kreativitas karyawan.

Empowering leadership dapat mendorong kemampuan anak buah agar dapat berkontribusi secara kreatif. Perilaku tersebut dapat meningkatkan self-efficacy karyawan. Karyawan yang memiliki tingkat self-efficacy, cenderung akan memilih terlibat dalam kegiatan yang kreatif dan tetap termotivasi untuk menghasilkan ide-ide baru dan inovatif.

Masih banyak yang berpikir bahwa kreativitas bukan hal yang penting, karena banyak orang berspektif bahwa kreativitas yang tinggi hanya diperlukan untuk bagian-bagian tertentu saja dalam organisasi. Misalnya bagian marketing, desain, dan lainnya. Namun apakah hal itu benar ? Tentu tidak. Sebuah perusahaan selalu dituntut untuk mampu menciptakan ide-ide baru dan cara baru untuk melakkan segala sesuatunya dengan baik untuk kedepannya. Dengan demikian, kondisi ini mengharuskan karyawan untuk selalu siap dengan ide-ide baru. Berarti kreativitas diperlukan di semua sudut perusahaan.

Salah satu cara terbaik untuk mendorong kreativitas dan inovasi dalam perusahaan adalah dengan mengukur sejauh mana hal itu telah dilakukan. Setiap evaluasi kerja dianjurkan untuk memasukan unsur kreativitas dan inovasi didalamnya. Karena kreativitas adalah sebuah awal dari perubahan. Penempatan pegawai dengan konsep "the right people with the right job" juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk memunculkan kreativitas dan inovasi. Karena penempatan karyawan dengan tepat akan mengurangi supervise sehingga memberikan otonomi bagi setiap individu dalam menyelesaikan masalah-masalah  dalam pekerjaannya.

Ada begitu banyak cara untuk menumbuhkan pemikiran kreatif pada karyawan anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan kreativitas di tempat kerja. Langkah-langkah ini akan mendorong karyawan berpikir kreatif dan memfasilitasi budaya inovasi di tempat kerja.

  • Melakukan brainstorming

Brainstorming merupakan salah satu metode yang sudah lama digunakan untuk menghasilkan ide dan pemikiran baru untuk menghasilkan solusi dalam mengatasi berbagai masalah. Metode ini dapat memaksimalkan kreativitas kelompok dalam hal menghasilkan ide dan menentukan ide mana yang mungkin berhasil dilakukan. Saat brainstorming berakhir, proses perencanaan dimulai, dan selanjutnya memilih ide terbaik untuk ditindaklanjuti. Curah pendapat yang longgar dan bebas tekanan dalam suasana santai adalah cara terbaik untuk menghasilkan ide-ide baru.

  • Mendorong Individualitas

Terkadang kita harus memiiki sifat individualisme untuk memunculkan pemikiran-pemikiran kita sendiri. Seorang pemimpin harus bisa menghargai pemikiran-pemikiran orang lain. Karena bisa saja ide-ide yang menarik berasal dari karaywan atau pengikutnya. Pemimpin harus memberi tahu karyaan bahwa individualitas dihargai. Jelaskan bahwa anda melihat mereka sebagai orang yang unik dan menarik bukan hanya sebagai pekerja anda. Karyawan akan merespon ini dengan baik dan akan memberikan feedback kepada anda dengan memberikan wawasan dan ide mereka.

  • Bertindak berdasarkan ide bagus

Karyawan akan cenderung menawarkan saran mereka jika mereka pikir ide-ide mereka akan diimplementasikan. Pastikan kepada mereka bahwa anda akan menerapkan ide kreatif baru. Setelah anda menentukan bahwa ide itu berhasil, lalu beritahu staf bagaimana ide baru itu muncul. Jangan membuat pengumuman public tentang ide siapa itu sampai anda memiliki hasil yang bagus untuk ditunjukan. Ini akan menumbuhkan kreativitas di tempat kerja dan meningkatkan motivasi karyawan untuk berkontribusi.

  • Terus rekrut beragam talenta

Karyawan yang memiliki banyak kesamaan dalam pendidikan dan pengalaman sering kali memunculkan ide yang itu-itu saja. Untuk meningkatkan keberagaman di tempat kerja, mulailah melihat resume untuk perbedaan yang mungkin menguntungkan bisnis anda daripada memilih anggota staf baru . keanekaragaman akan berkontibusi dalam suasana berpikir yang kreatif.

---

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun