Mohon tunggu...
reizadreamhigh
reizadreamhigh Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Writer, Coach, Programmer/Developer, Linuxer, Korean Waver, Scientist, Martial Art Lover

2 filosofi (reiza)dreamhigh: 1)You're the reason I'm smilling. Dan... 2)Memulai itu GRATIS (kosong, tidak ada nilainya, bebas [di]makna[i]), maka mulailah SEKARANG. Mengakhiri itu MAHAL ([ber]isi, ada nilainya, ber-nilai, ber-harga), maka selesaikanlah SEGERA.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Multi Linux Laptop Jadul Pakai Kernel Terkini

26 Maret 2021   10:06 Diperbarui: 26 Maret 2021   10:20 253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Viral. Sumber ilustrasi: PIXABAY/ktphotography

Buat semua/siapapun di manapun, khususnya member grup linux Telegram ini...

MULTIDISTRO DI LAPTOP JADUL (Pakai kernel terkini)
by:reizadreamhigh@gmail.com

Share pengalaman cuy, iseng2x anggap aja share Gw ini cerpen pengantar Jumatan...

Pagi2x gini sambil nunggu Jumatan, seperti biasa, sarapan dg "Menu Linux Multidistro" di 2 netbook jadul 10 inch Gw nih cuy...
I)Netbook 32bit, hdd 350gb ini Gw pasang:
-Mx
-Semicode (distro khusus pemograman)
-Tealinux (distro khusus pemograman, asli Indonesia)
II)Netbook 64bit, hdd 500gb ini Gw pasang:
-WindowsFx (LinuxFx)
-Win7 (ini mah bkn linux :( )
-Endeavour
-LinuxMint
-Manjaro

Maklum udh kebiasaan sejak thn 2007 dulu sampe 2021 hari ini. Nginstal "MultiOS or MultiDistro" tujuan intinya sih, konsisten cuma 2 cuy: MENGAJAR (ngajarin di kelas ke org lain) & BELAJAR (ngajar ke diri sendiri, biar otak/pikiran di apt update && upgrade terus dg ilmu baru yg tumbuh tiap detik). ^_^
Oh ketinggalan, selain flashdisk. Hdd eksternal 500gb (copotan dr laptop). Ini dipartisi depan yg 49gb (/) & 1gb (swap), sengaja dipasang distro Mx yg 32bit, sisa 450gb data biasa (data2x ngajar, kuliah, murottal, drakor, dst). Fungsi: ini spy si hdd bisa diporting ke laptop/pc orang lain or warnet or dimanapun, saat darurat lagi gak bawa laptop. Jadi klo sdg ketemu teman yg masalah Sistemnya, nih hdd bisa jadi P3K or rescuenya. ^_^

SARAN buat newbie (aja):
Coba cek distrowatch or referensi lain tiap hari. Cobain Mx, mint, manjaro (jangan black arch dulu ya) buat awalan bljr. Cari nyamannya dulu klo baru ketemu linux, ini kayak dulu elo pertamakali kenal OSnya Si Bill Gates, mungkin kenalnya dari WinXP & Longhorn/vista dulu, sehingga mata betah liat Win10 hari ini. Hukum ini berlaku juga dlm bljr linux. Gw udh cobain instal lebih dari 70 distro yg ada di distrowatch (ingat, ini kembali ke niat/khittah awal masing2x, buat Gw sih: Belajar & Ngajar).

Pertama kenal linux jangan cari distro yg ribet ntar kayak Gw, gila Gw inget, dulu itu nyaris panik tiap hari gegara kernel panic, serius. Ini abis instal REDHAT, MANDRAKE (leluhurnya Mandriva), FEDORA & SUSE di thn 2005-2006an di PC Pentium 3 & 4 (Waduh...). Alhamdulillah masih bisa sabar & gak stress cuy. Emang bener kata senior Gw thn 2005/2006an dulu itu, org yg belajar linux, nantinya sih, selain FISIK (=otak)nya terlatih belajar/paham cepat. Eh juga si PSIKIS (=jiwa)nya terlatih mandiri & pantang nyerah. Sst, quote terakhir senior Gw (yg sering nongol di majalah itu ^_^) silahkan, bisa diabaikan, cuekin aja cuy, krn sifatnya berlaku utk pribadi/subyektif. Blm obyektif, krn blm ada penelitian akademisnya. Cuma buat buktiin ke diri sendiri aja klo quote itu bener ke diri Gw, blm tentu sama ke tiap org.
Nb: Gw tiap nyari netbook selalu cari yg non uefi. Udh lebih 10 thn, udh 8x ganti, selalu non uefi, spy lancar multipartisi aja sih. Eksperimen hw yg sistemnya uefi gitu terlalu mahal costnya dr sisi waktu, fisik & uang. Udahan dulu ah curcolan pagi Gw, see you All. END. (reizadreamhigh@gmail.com)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun