Mohon tunggu...
Regita Okti
Regita Okti Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perkembangan Islam pada Masa Daulah Umayyah di Andalusia

22 November 2017   20:19 Diperbarui: 22 November 2017   20:50 0 0 0 Mohon Tunggu...

PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA DAULAH UMAYYAH DI ANDALUSIA

Serlialestari99@gmail.com , nuramadea@gmail.com , regitazhara@gmail.com

Abstract :

Born in East, Islam was succesfully expanded to Spain, a strong Christianity based country in the west. The civilization of this nation has encouraged the development of Europe in many ways, especially in the area of science and technology. The development of culture and civilization in Europe was undeniably connected to the existence of Islamic government in Spain. When muslims rule this country many Europeans tempted to learn and study in Spain. At this classical period, Islam reached their golden era. Spain had become the central of islamic expansion to Spain and the dynamic development of Islam in this country that resulted in a great succes.

Abstrak :

Islam yang lahir di dunia Timur pernah berjaya menguasai Spanyol, sebuah negara berbasis Kristen di Barat. Peradaban Spanyol telah berhasil memajukan kawasan Eropa di berbagai bidang, khususnya di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kemajuan-kemajuan Eropa tersebut tidak bisa dipisahkan dari keberadaan pemerintahan Islam di Spanyol. Dari Spanyol Islamlah Eropa banyak menimba ilmu. Pada periode klasik, ketika Islam mencapai masa keemasannya. Spanyol merupakan pusat peradaban Islam yang sangat penting. Dari kenyataan itu, ada sebuah pertanyaan yang layak untuk diangkat dalam tulisan ini, yakni latar belakang islam ke Spanyol dan dinamika perkembangan Islam di negara tersebut hingga pernah sukses besar membangun peradaban disana.

BAB I

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang
  • Umat islam di Spanyol telah mencapai kejayaan yang gemilang. Banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan juga dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks, terutama dalam hal kemajuan intelektual.Dalam masa lebih dari tujuh abad kekuasaan Islam di Spanyol, umat Islam telah mencapai kejayaan disana. Banyak prestasi yang mereka peroleh, bahkan pengaruhnya membawa Eropa, dan kemudian membawa dunia kepada kemajuan yang lebih kompleks.
  • Islam di Spanyol telah mencatat suatu lembaran budaya yang sangat brillian dalam bentangan sejarah Islam. Ia berperan sebagai jembatan penyebrangan yang dilalui Ilmu Pengetahuan Yunani-Arab ke Eropa pada abad ke-12. Minat terhadap filsafat dan Ilmu pengetahuan mulai dikembangkan pada abad ke-9 M, selama pemerintahan penguasa bani Umayyah yang ke-5 Muhammad Bin Abdurrahman (832-886M).
  • Sehingga di Cordova banyak perpustakaan dan universitas-universitasnya yang mampu menyaingi Baghdad sebagai pusat utama ilmu pengetahuan di dunia Islam. Apa yang dilakukan pemimpin dinasti bani Umayyah di Spanyol ini merupakan persiapan untuk melahirkan filosof-filosof besar pada masa sesudahnya.Misalnya dengan lahirnya filsafat terkenal seperti Ibnu Rusyd dari Cordova yang sangat berpengaruh.[1]
  •  
  • Rumusan Masalah
Dari uraian diatas, maka muncullah permasalahan sebagai berikut yang akan dibahas :Bagaimana proses masuknya Islam di Andalusia?Bagaimana perkembangan Islam di Spanyol?Faktor-faktor apa yang menyebabkan kemajuan dan kemunduran Islam di Spanyol?Apa pengaruh Islam di Andalusia terhadap Eropa?

 
 

PEMBAHASAN Asal Nama Andalusia Islam pertama kali masuk ke Spanyol pada tahun 711M melalui jalur Afrika Utara. Spanyol belum kedatangan Islam dikenal dengan nama Iberia/Asbania, kemudian disebut Andalusia ketika negeri itu dikuasai bangsa Vandal. Dari kekuasaan Vandal itulah orang Arab menyebutnya Andalusia.[2]

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x