Mohon tunggu...
Regita Suci Amelda
Regita Suci Amelda Mohon Tunggu... Mahasiswi Prodi Akuntansi Syariah FEBI UIN Sutha Jambi

.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Asiknya Kuliah Akuntansi Dengan Peluang Kerja Yang Luas

5 September 2020   16:51 Diperbarui: 6 September 2020   09:51 368 3 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sebelumnya, perkenalkan nama saya Regita Suci Amelda Nim 503180036 saya seorang mahasiswa semester 5 dari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Akuntansi Syariah. Pada saat ini Prodi Akuntansi Syariah di kampus saya telah Terakreditasi Baik oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

            Di artikel yang saya tulis saat ini akan membahas dan menjelaskan tentang apa saja sih prospek atau peluang kerja lulusan akuntansi syariah seberapa menarik dan serunya sih kuliah dan kerja dalam bidang akuntansi syariah. Di masa sekarang tidak bisa kita pungkiri banyaknya orang yang menyukai akuntansi mulai dari siswa, mahasiswa hingga orang dewasa.

            Sebegitu pentingnya  akuntansi di kehidupan kita sehari-hari sehingga banyaknya orang yang menyukai akuntansi dan tertarik untuk mempelajarinya. Kita akan bahas setelah ini apa itu akuntansi ? apa itu akuntansi syariah ? apa yang menarik dari akuntansi ? pentingnya akuntansi di kehidupan sehari-hari ? dan peluang kerja lulusan akuntansi ?

Pengertian Akuntansi

            Secara umum akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang berfungsi menyediakan informasi kuantitatif tentang kondisi keuangan dan hasil operasi perusahaan yang diharapkan bermanfaat dalam mengambil keputusan ekonomis. Pengertian ini menekankan pada peranan akuntansi, yaitu untuk memberikan informasi bagi kepentingan para pemakai daftar keuangan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

            Pengertian akuntansi tersebut merupakan akuntansi oleh Finansial Accounting Standard Board (FASB). American Intitute of Certified Public Accountants (AICPA) melalui Committee on Terminology (1941) yang diterjemahkan oleh Hadibroto mendefinisikan akuntansi adalah suatu keahlian mencatat, mengklasifikasikan dan mengikhtisarkan dengan cara yang tepat dan dinyatakan dengan uang, transaksi dan kejadian yang sebagian sekurang-kurangnya bersifat keuangan dan meinterprestasikan hasil yang diperoleh.

            Jadi pengertian akuntansi sendiri disini adalah menyadiakan informasi kuantitatif tentang kondisi keuangan dan operasi perusahaan dengan cara mencatat, mengklasifikasikan dan mengikhtisarkan bermanfaat untuk pengambilan keputusan dalam informasi keuangan.

Pengertian Akuntansi Syariah

            Seiring dengan meningkatnya rasa keberagamaan (religiusitas) masyarakat Muslim menjalankan syariah Islam dalam kehidupan sosial-ekonomi, semakin banyak institusi bisnis islami yang menjalankan kegiatan operasional dan usahanya berlandaskan prinsip syariah. Untuk mengelola institusi bisnis islami ini diperlukan pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan dengan karakteristik tertentu yang sesuai dengan syariah.

            Pencatatan transaksi dan pelaporan keuangan yang diterapkan pada institusi bisnis islami inilah yang kemudian berkembang menjadi akuntansi syariah. Akuntansi syariah (Shari’a Accounting) menurut Karim (1990) merupakan bidang baru dalam studi akuntansi yang dikembangkan berlandaskan nilai-nilai, etika dan syariah islam, oleh karenanya dikenal juga sebagai akuntansi islam (Islamic Accounting).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x