Mohon tunggu...
Regina Putri
Regina Putri Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar

SMAN 28 Jakarta XI MIPA 2 / 30

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Resensi Novel "Life Begins at Fatty"

7 Maret 2021   18:36 Diperbarui: 7 Maret 2021   22:57 302 4 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Buku

Judul : Life Begins at Fatty

Penulis buku : Syafrina Siregar

Editor : A. Ariobimo Nusantara

Penerbit : PT Grasindo

Tahun terbit : 2005

Sinopsis

Nad adalah seorang gadis gendut yang sudah tidak minder lagi. Namun menurutnya "nasib buruk" dan olok-olok adalah takdir bagi perempuan-perempuan gendut seperti dirinya. Meski, jauh di dasar hatinya terselip sepotong rasa iri. "Di saat semua temanku tergila-gila dengan baju seksi dan rok mini, aku hanya bisa melihat. Saat mereka sibuk berpacaran dan berkencan, aku juga hanya bisa melihat dari jauh .... Tak satupun lelaki yang mau berkencan dengan gadis gemuk seperti aku... ."

Nad tidak ingin menyalahkan apapun. Baginya, hanya ada satu kiat agar hidup lebih nikmat: "jadikan kelebihan beratmu sebagai nilai lebihmu."

Kelebihan

Novel ini memiliki alur cerita yang menarik dan bagus. Gabungan antara drama, romansa, dan perjuangan hidup yang dekat dengan realita membuat novel ini menarik untuk dibaca sampai habis. Bahasa sehari-hari yang digunakan membuat cerita menjadi mudah dipahami. Dalam novel terselip beberapa ilustrasi yang mempermanis cerita, namun tidak terkesan berlebihan dan mengganggu. Pesan moral yang disampaikan dalam novel ini bernilai positif, sehingga bisa memberikan semangat kepada orang-orang untuk menjalani hidup tanpa menghiraukan masalah fisik.

Kekurangan

Terdapat banyak kata dan kalimat dalam Bahasa Inggris dalam novel ini. Walaupun hanya kalimat sehari-hari, ada beberapa kalimat yang tidak dapat dimengerti jika tidak tahu artinya.


Kesimpulan

Novel ini sangat layak untuk dibaca. Berisi pesan yang bagus, yaitu untuk memiliki kepercayaan diri terhadap fisik dan terus melangkah ke depan, jangan sampai tertunda hanya karena minder. Alur cerita dan keseluruhan isi buku yang cukup ringan membuat novel ini menarik untuk jadi hiburan di waktu luang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan