Mohon tunggu...
Riris RosmintangHutabarat
Riris RosmintangHutabarat Mohon Tunggu... http ://www.kompasiana.com/reeress

Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kewajiban Ibu di Tengah Pandemi Covid-19

20 Mei 2020   08:43 Diperbarui: 20 Mei 2020   08:40 270 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kewajiban Ibu di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi : Kewajiban Ibu ditengah Pandemi COVID-19

Ditengah pandemi COVID -19, pemerintah mengimbau masyrakat agar tetap Stay at Home. Semuanya itu mengharuskan kita untuk tetap dirumah, bekerja dari rumah, meminimalisir aktivitas diluar rumah. 

Pasalnya dampak COVID-19 ini juga menyebabkan pendidikan, perekonomian, turun drastis akibat penerapan sosial serta physical distancing. Seorang Ibu dituntut menjadi sosok yang serba bisa, selain mengelola rumah tangga juga dituntut harus lebih kreatif dan cerdas mengatur semua kebutuhan anggota keluarga.

Imbauan "di rumah saja" mewajibkan seorang ibu untuk bisa melakukan apa saja yang dibutuhkan anggota keluarga seperti menjadi:  

1. Menjadi Seorang Guru Terpintar  

Rata-rata pihak sekolah hanya memberikan tugas kepada anak tanpa memberikan pemahaman dan penjelasan terlebih dahulu. Mau tidak mau peran ibu di sini sangat menentukan di mana era pembelajaran masa ibu sekolah dengan masa anak sekolah sudah sangat berbeda. 

Di rumah, seorang ibu  harus bisa menjadi guru semua mata pelajaran yang dibutuhkan anak. Semua mata pelajaran untuk beberapa kelas yang dihuni anaknya harus dikuasai tuntas (dengan atau tanpa bantuan google). 

Walaupun sebenarnya mengajar anak sendiri sangat menguras tenaga dibanding mengajar anak didik disekolah (anak orang lain). Menurut pengakuan seorang anak " Ibuku lebih galak dari Bu Guru disekolah.."

2. Menjadi Koki  Hebat

Saat berkumpul bersama dirumah mewajibkan seorang ibu harus bisa memasak seperti koki hebat, yang bisa memasak apapun sesuai dengan pesanan masing-masing anggota keluarga. 

Para ibu menyalurkan bakat memasaknya untuk menyenangkan semua anggota keluarga. Dapur diubah menjadi restoran yang bisa menghasilkan makan yang anak sukai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN