Mohon tunggu...
Rembulan
Rembulan Mohon Tunggu... Blockchain

I am not

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Cari Recehan dengan Bitcoin

25 Februari 2018   15:03 Diperbarui: 25 Februari 2018   16:13 340 0 0 Mohon Tunggu...

Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa virtual currency atau apapun namanya, crypto currency maksudnya mungkin, tidak diakui sebagai alat pembayaran yang sah, sehingga dilarang digunakan sebagai alat pembayaran di negara kesatuan republik Indonesia. 

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang yang menyatakan bahwa mata uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran, atau kewajiban lain yang harus dipenuhi dengan uang, atau transaksi keuangan lainnya yang dilakukan di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib menggunakan Rupiah. 

oke, dalam hal ini crypto curency seperti bitcoin, ethereum, litecoin, ripple, stellar, tokenomy dan lain-lain dilarang penggunaannya sebagai alat pembayaran yang sah, titik. termasuk juga Dollar dan emas toh, bukan sebagai alat pembayaran yang sah dipergunakan di Indonesia. lain halnya bila digunakan sebagai investasi, karena fluktuasi harga crypto, dollar dan emas cenderung naik dan turun cocok sekali untuk mencari keuntungan. 

Crypto sangat beresiko dalam berinvestasi karena harganya paling fluktuatif di dunia. jam 8.00 pagi ini misalkan harga bitcoin 140 juta, jam 8.05 harga bitcoin bisa melonjak jadi 150 juta atau bisa turun jadi 130 juta. sangat beresiko sekali saudara saudara, elo elo semua klo main di crypto dalam jumlah besar, bila IDR mu tertanam di satu crypto dalam exchange. 

di jagat ini banyak sekali exchange crypto curency seperti yang terkenal di amerika ada coin base (gdax), di eropa ada bitstamp, di korea ada bithump, di jepang ada coin desk, sedangkan di indonesia ada vip bitcoin. ada banyak crypto yang ditrading di vip bitcoin indonesia, bitcoin, ethereum, bitcoin cash, ripple, ignis, ten dan lain sebagainya. gue sendiri trading crypto di dalam negeri. dalam hal ini tidak terlalu serius bermain, cuma pake modal kecil gak sampe puluhan juta ke atas. maklum, cuma karyawan kecil, modal di bawah 5 juta klo trading bisa dapat duit rokok sehari 100 sampai 300 ribu lumayan dari pada manyun aja. 

butuh kemampuan khusus dalam hal trading crypto, kita harus paham gejolak harga crypto itu sendiri, klo harga trend sedang turun, buat pemula jangan coba-coba misalkan beli ripple karena harga pasti turun dan anda akan mengalami kerugian. pahami dulu, kapan naik dan turunnya lewat grafik atau chart. kita bisa mendapatkan keuntungan saat trend turun, karena nanti akan terkoreksi naik, disitu saatnya menjual. dan beli lagi saat turun, jual lagi saat harga naik. 

HODL adalah istilah trading crypto, menurut trader luar negeri itu plesetan dari HOLD yang artinya menunggu. jadi saat harga turun, trader akan hodl coin mereka dan tidak panic sell ( panik jual) saat harga mulai turun, ini sangat mempengaruhi harga crypto itu sendiri bila trader berebut menjual coin mereka, jelas sekali harga akan turun drastis

karena prinsip crypto itu sendiri adalah suply dan demand. ilmu nomor satu ekonomi, bila banyak yang menjual harga akan turun, begitu sebaliknya bila banyak permintaan membeli harga akan naik. apa lagi, crypto curency tanpa control bank central, artinya terdesentralisasi, harga dipengaruhi pasar itu sendiri, kembalilah kita ke zaman kuno dimana emas dan perak diperdagangkan zaman dahulu kala. 

Lah di sini gue trading crypto bukan apa-apa, sekedar ikut trend anak muda zaman now. tahu sendiri sekarang tahun 2018, di mana sekarang ini klo gak ngikuti akan ketinggalan zaman. masak gue ini yang anak jaman now gak ikut ikutan main crypto, apa kata dunia?.  okelah tahun 2017 adalah tahun crypto currency karena masa keemasan bitcoin dan kawan2 yang harganya melonjak berlipat-lipat. apakah di tahun 2018 ini akan sama? 

Kita lihat, januari dan februari ini bitcoin dan kawan-kawan mengalami penurunan drastis. dari 250 juta di akhir desember 2017 menjadi 140 juta pada tanggal 25 februari jam 9.00 pagi. di sini terlihat btc down beserta kawannya. apakah ini zona buat membeli?, sapa tau nanti akhir tahun 2018 harganya akan lonjak jadi 800juta seperti kata pengamat?

Silahkan coba sendiri, saya tak bisa memastikan itu. tidak ada yang bisa memastikan harga bitcoin akan naik atau turun drastis tahun ini kecuali time travel. ada yang mengatakan bitcoin akan naik 800 juta tahun ini dan ada juga yang mengatakan bitcoin akan turun drastis kembali ke harga 2 juta. no body know, siapa saja boleh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x