Mohon tunggu...
Ridwan ChandraWidiyoga
Ridwan ChandraWidiyoga Mohon Tunggu... Jalani, Nikmati, Syukuri, Perbaiki

Hanya seorang yang masih belajar dalam menulis, karena kita semua harus mengawalinya dan harus menerima kritik dan saran akan kau semakin berkembang dan kompetitif.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menuju Era Digital, Pengoptimalan Website Desa Digiatkan

13 Juli 2019   17:20 Diperbarui: 13 Juli 2019   17:37 11 2 2 Mohon Tunggu...

 Sidorejo, Malang, Selasa- Rabu, 2-3 Juli 2019.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pelatihan pengembangan website untuk perangkat desa. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini ialah untuk mengembangkan kemampuan hardskill perangkat desa terutama admin yang bertugas untuk menghidupkan website yang ada di desa. 

Pada era digital ini, tidak dapat dipungkiri bahwa yang menguasai bidang teknologi informatika saat ini sebagian besar hanya generasi milenial sehingga banyak perangkat desa (kelahiran tahun 1970 an) masih kagok dengan teknologi seperti kemajuan dunia maya saat ini. Oleh karena itu, mahasiswa KKN UM melihat hal ini sebagai urgensi dalam teknologi informatika.

Pelaksanaan pelatihan pengembangan website  untuk perangkat desa dilaksanakan dalam dua sesi selama dua hari. Sesi pertama dilaksanakan pada hari Selasa 2 Juli 2019, dimana kegiatan yang dilaksanakan pada sesi pertama berupa penyuluhan dan pengenalan  bagaimana cara membuat dan mengelola website. 

Kendala yang dialami oleh mahasiswa KKN UM pada hari pertama kegiatan pelatihan web diantaranya ialah mayoritas para perangkat desa kurang memahami bagaimana cara menggunakan laptop sehingga pemateri perlu menjelaskan kembali bagian-bagian diluar dari materi pelatihan pengembangan web.

Dokpri
Dokpri

Pelatihan pengembangan web di desa Sidorejo ini diisi oleh pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Yusril Dwi Ihza Mahendra yang merupakan mahasiswa Universitas Negeri Malang. Selanjutnya di hari kedua pelatihan web, mahasiswa KKN UM memantapkan materi yang telah dipaparkan di hari pertama pelatihan pengembangan web dengan praktik langsung yang disertai simulasi dari pemateri. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung sersan (serius tapi santai).

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang (UM) berharap adanya pelatihan pengembangan web ini dapat membantu dan menginovasi para perangkat desa untuk lebih mengembangkan potensi dan promosi melalui web desa yang telah tersedia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x