Mohon tunggu...
r cahyo prabowo
r cahyo prabowo Mohon Tunggu... Cerdas Berbudi Pekerti Yang Luhur

Bekerja Dengan Menggunakan Hati,tulus ikhlas, Email : cahyo.2035@gmail.com ,Komunikasi Industri Media Online/Daring (New Media Communication), Ilmu Komunikasi Broadcast Journalism Komunikasi,Media Online, Politik, Hukum Administrasi Kontrak Konstruksi Contact : 089619600100

Selanjutnya

Tutup

Media

New Media (Online) Dalam Komunikasi Massa Indonesia

29 Oktober 2020   17:05 Diperbarui: 29 Oktober 2020   17:08 35 3 0 Mohon Tunggu...

Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum, Indonesia memiliki 17508 Pulau dari Sabang hingga Merauke, Luas keseluruhan Indonesia mencapai 2 Juta Km Persegi, Indonesia memiliki  34 Provinsi dari Sabang hingga Merauke. Indonesia memiliki Ideologi, Pemersatu Bangsa Indonesia,Dasar Negara yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR RI,NKRI Sebagai Bentuk Negara,Semboyan Negara Indonesia Adalah Bhinneka Tunggal Ika. 

Bahasa Resmi Indonesia yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah yang dimiliki oleh Indonesia, hal ini patut kita mensyukuri beraneka ragamannya yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa untuk NKRI.

Setelah era reformasi, Indonesia telah memasuki era baru yang dimana era digitalisasi media online (daring),era uu ite, era keterbukaan informasi publik, era lompatan-lompatan ekonomi digital,era transformasi digital media, era konvergensi media,era lompatan berkembangan industri media untuk berkembang maju, era bebas berpendapat dimuka umum namun tetap masih mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia bilamana bersalah menyampaikan pendapat umumnya tidak sesuai dengan kenyataan ataupun adanya unsur tindak kriminal maka tetap proses hukum berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, era Pemerintahan Terbuka Digital (online) yang dimana akuntabilitas, transparansi & profesional.

New Media (Online)/ Media Baru sebagai bentuk komunikasi efektif pada khalayak kini, nanti dan esok serta media baru sebagai komunikasi massa. Mengapa masuk kedalam komunikasi massa? Pasti orang bertanya tanya bukannya media online/daring (new media) itu komputer, jaringan internet? pada dasarnya berasal dari media massa. Media Massa telah berubah begitu banyak, dimulai dari awal abad ke 20 yang bersifat satu-arah,arus yang serupa kepada massa yang seragam.Terdapat alasan sosial,ekonomi,dan teknologi atas pergeseran ini yang cukup nyata.Media baru /media daring (new media communication) yang dibahas adalah sebagai perangkat teknologi komunikasi yang berbagi ciri yang sama yang mana selain  baru dimungkinkan dengan digitalisasi dan ketersediaannya yang luas untuk penggunaan pribadi sebagai alat komunikasi.

Media Baru/media daring (new media communication) dan penerapannya yang dalamnya berbagai wilayah memasuki ranah komunikasi massa atau secara langsung/tidak langsung memiliki dampak terhadap media massa tradisional.Media Online/Media Baru (new media) sebagai pers, bisnis,hiburan,menyampaikan berita informasi terbaru,citizen journalism,broadcast journalism,komunikasi industri media,media massa kini,nanti dan esok dll serta pelengkapnya menggunakan komputer, jaringan internet seperti router wifi, alat mikrotik,alat cisco, alat juniper yang biasa disebut dengan network jadi lah media dalam jaringan koneksi internet (media online).Media Online/daring (new media) jelas berbeda dengan media sosial.

Salam

Penulis

Raden Cahyo Prabowo,S.Ikom,M.Ikom

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x