Mohon tunggu...
Raushan Fikri Syaikhu
Raushan Fikri Syaikhu Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Malaang

A man who will be extremely rich one day

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Masyarakat Madani?

3 Desember 2022   00:11 Diperbarui: 3 Desember 2022   00:17 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Istilah masyarakat madani sering dipadukan dengan istilah masyarakat madani atau civil society. Masyarakat sipil adalah konsep atau bentuk masyarakat yang paling diinginkan.

 Masyarakat sipil ditandai dengan penekanan pada ruang-ruang di mana individu dan kelompok masyarakat di satu bagian negara berinteraksi satu sama lain dalam semangat toleransi. Masyarakat sipil berpartisipasi dalam kebijakan publik.

 Masyarakat madani juga dipandang sebagai perkumpulan masyarakat yang beradab dan sukarela yang hidup dalam tatanan sosial, dengan mobilitas tinggi dan kerjasama antar seluruh lapisan masyarakat. Ada beberapa definisi masyarakat madani yang dikemukakan oleh para ahli. Menurut para ahli, definisi masyarakat madani adalah sebagai berikut:

Nurcholis Majid

 Nurcholis Madjid mendefinisikan masyarakat madani sebagai masyarakat yang mengikuti prinsip pertama toleransi dan pluralisme dalam sejarah peradaban. Masyarakat madani adalah masyarakat yang taat hukum dan peduli terhadap kemanusiaan.

 Dawam Rahardjo

 Menurut Dawam Raharjo, masyarakat sipil mengacu pada al-Din, al-Tamaddun atau al-Madinah, yang secara harfiah berarti kota.

 Pengertian masyarakat madani mencakup tiga hal: agama sebagai sumber, peradaban sebagai proses, dan masyarakat kota atau asosiasi sebagai hasil. Suseno

 Suseno berpendapat bahwa masyarakat madani pada hakekatnya adalah kehidupan masyarakat di luar lingkungan aslinya, seperti keluarga atau kenalan pribadi.

 Masyarakat sipil berkembang sesuai dengan dinamikanya sendiri. Masyarakat madani merupakan produk evolusi dari masyarakat tradisional menuju masyarakat pascatradisional atau modern.

 Sistem sosial masyarakat madani bersumber dari kisah Nabi Muhammad sebagai pemimpin ketika membangun peradaban tinggi dengan mendirikan kota Madinah. Nabi Muhammad mewujudkan jaminan keadilan, kesetaraan, kebebasan dari penegakan hukum dan kesejahteraan semua warga negara. Anwar Ibrahim

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun