Mohon tunggu...
Raudhatul Munawaroh
Raudhatul Munawaroh Mohon Tunggu... Mahasiswa

Be your self

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Potensi Mangga Desa Gintung Gugah Kreativitas Tim KKN UNNES

9 November 2019   17:32 Diperbarui: 9 November 2019   17:36 0 1 0 Mohon Tunggu...
Potensi Mangga Desa Gintung Gugah Kreativitas Tim KKN UNNES
dokpri

Wilayah perdesaan adalah wilayah yang perekonomian utamanya berasal dari pengelolaan sumber daya alam. Keberadaan lingkungan yang subur telah menjadikan kegiatann pertanian menjadi penyokong hidup penduduk Indonesia. 

Karena kegiatannya yang berpusat di Kawasan perdesaan serta dapat dikerjakan oleh setiap lapisan masyarakat, maka sering disimpukan bahwa yang paling besar konstribusinya dalam penurunan jumlah penduduk miskin adalaah sektor pertanian.

Salah satu komoditas unggulan dalam subsektor perkebunan adalah buah mangga. Mangga merupakan hasil perkebunan yang melimpah di Desa Gintung. Dengan banyaknya buah manga menjadikan peluang untuk mengembangkannya sebagai penggerak perekonomian daerah. 

Namun permasalahan selama ini, buah mangga hanya dijual langsung tanpa pengolahan lebih lanjut. Sehingga memiliki nilai jual yang rendah. Dalam hal ini, buah mangga sering kali dibiarkan hingga membusuk karena keberadaanya yang terlalu banyak di Desa Gintung. 

Maka dari itu mahasiswa KKN UNNES berinisiatif membuat olahan makanan dari bahan buah mangga yang memiliki nilai jual tinggi. Selai mangga dan dessert cup adalah pilihan mahasiswa KKN UNNES dalam mengolah mangga yang memiliki indeks komersial tinggi dan kompetitif. 

Kemudian mahasiswa KKN UNNES melaksanakan sosialisasi pengelolaan buah mangga dengan nama kegiatan  FUN COOKING  yang dilaksanakan pada (2/11/2019) dan diikuti oleh ibu-ibu PKK di desa Gintung dengan antusias. 

Setelah sosialisasi tersebut, masyarakat mulai memahami potensi besar di balik buah mangga yang melimpah. Selain dapat mengurangi banyaknya buah mangga yang terbuang sia-sia dikarenakan busuk, pengelolaan mangga juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Ginutung.

Mahasiswa KKN UNNES membekali ibu-ibu PKK dengan strategi marketing dan promosi kekinian agar ibu-ibu PKK siap untuk bersaing dalam berbisnis. 

Dengan adanya FUN COOKING dan strategi marketing yang sudah diberikan, mahasiswa KKN UNNES berharap ibu-ibu PKK desa Gintung dapat melaksanakan bisnis pengelolaan mangga dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa Gintung dalam jangka waktu panjang.