Mohon tunggu...
Ratu Patricia
Ratu Patricia Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

hanya seorang mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Standar Wanita Indonesia

1 Desember 2022   09:24 Diperbarui: 1 Desember 2022   09:42 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

gaya hidup pada saat ini di era modern sangat berkembang dengan pesat terlebih faktor dari luar yang masuk ke indonesia menjadikan perkembangan beauty sangat drastis. banyak wanita indonesia yang mengingingkan fisik yang sempurna seperti kulit putih, tinggi ramping dan langsing (body goals). tidak hanya para wanita, tetapi kebanyakan pria juga menginginkan memiliki pasangan wanita yang cantik putih tinggi langsing. makanya banyak wanita yang memiliki pemikiran aku harus menjadi wanita yang cantik. 

standar kecantikan di indonesia ituu sepengamatan saya ya ituu tinggi putih langsing kayak orang eropa lah. sebenarnya memiliki kulit sawo matang atau kuning langsat di negara tropis seperti kita bukanlah hal yang asing. kita hidup di indonesia ya, dimana indonesia dilintasi garis khatulistiwa yang menyebabkan memiliki 2 musim. jadi wajar aja, kita ngga bisa putih putih kaya orang eropa. 

ngomong ngomong soal putih, banyak loh orang yang masih menjual krim pemutih dan lotion yang bahan dasarnya merkuri dicampur dengan bahan hidroquinon. di indonesia penggunaan merkuri pada produk kecantikan, seperti sabun pembersih wajah, krim pelembab, dan krim siang atau malam sudah dilarang. tetapi, untuk riasan mata dan pembersihnya masih diperbolehkan dengan kadar tidak lebih dari 0,0007%. sedangkan untuk batas aman atau dosis hidroquinon dalam krim kecantikan adalah tidak lebih dari 2%. 

sebenarnya kita tidak perlu mengikuti standar kecantikan yang ada karna malah jadi masalah buat kita, menjadi kepikiran harus ini harus itu. yang terpenting adalah harus menjaga tubuh dan kulit aja, ngga perlu putih, cukup memiliki kulit bersih saja. nggak perlu kurus, cukup memiliki tubuh yang sehat bugar dan ideal saja. cantik itu relatif, cantik itu unik. kita tidak bisa memilai diri kita cantik atau tidak. yang bisa menulai ya hanya orang lain.  kalian bisa bilang fisiknya cantik tapi batinnya jelek juga sama aja. kita hidup di indonesia dimana kita hidup sesuai realita yang ada. jalani aja yang kita miliki. tidak usah memaksakan. karna sesuatu yang dipaksakan kebelakangnya tidak akan menjadi baik. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun