Mohon tunggu...
Zainal Khairul
Zainal Khairul Mohon Tunggu... Penjelajah

Dosen universitas pasifik morotai Sekertaris bidang sastra budaya ICMI Orda Morotai Ketua Umum PD PII Metro Makassar 2009-2010, 2010-2011 PRIMA DMI Kota Makassar 2019-2022 enalok37@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Digitalisasi, Jangan Takut Mesin Menggantikan Posisi Anda

30 November 2017   12:38 Diperbarui: 1 Desember 2017   02:56 928 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Digitalisasi, Jangan Takut Mesin Menggantikan Posisi Anda
Ilustrasi https://twitter.com/erictopol

Menyoal salah satu artikel dari Kompasianer, bahwa zaman digital sudah adi depan mata. Hal ini membuat semuanya serba digital dan terotamatisasi dan pekerjaan dari manusia perlahan tapi pasti akan di gantikan oleh mesin dan robot. Pengalihan dari manusia ke robot tentunya akan menimbulkan masalah social yakni terciptanya pengagguran.

Sebenarnya perkembangan digital juga merupakan dua sisi mata pedang. Ada untung dan ruginya. Tergantung kita sebagai manusia bagaimana memanfaatkan peluang dari suatu kemajuan. Coba anda bayangkan sendiri .

Tiap tahun ada saja penemuan baru yang menjelma.

Tiap tahun ada saja peluang duit yang Muncul.

Bahkan Tiap tahun ada saja profesi baru yang terus bermunculan yang lahir ke dunia ini.

Jika dahulu bahkan sejak kecil di tanamkan dalam benak orang tua dan nenek dulu bahkan tentukan memang cita-cita mu sekarang nak , belajarko yang baik, jangan malas-malasan di sekolah. Supaya nanti kalo besar moko nak dapatki ijazah, melamar meq jadi Guru, Dokter, Polisi, Pilot, Bidan Bahkan cita -- cita nomor untuk sejuta umat adalah menjadi seorang abdi Negara yakni PNS.

Siapa sangka kini bermunculan pekerjaan baru yang tak kita sangka dulunya akan yakni, menjadi social media buzzer, Selebgram, Animator 3D, Microlancer.

Bahkan di kini menjadi selebgram di media social cukup mudah hanya bermodalkan kouta internet, hp smartphone,  dan selanjutnya silahkan eksplorasi sisi unik dalam diri anda. Ternyata jika dulu seorang yang narcis dianggap berlebihan sekarang bernarsis ria bisa menghasilakan pundi-pundi rupiah.

Ria Ricis salah satu selebgram sukses yang kini punya ciri khas unyu-unyu tanpa dibuat-dibuat dan natural ternyata memperoleh jutaan subscriber di kanal youtube. Tentunya hal ini akan menjadi penghasilan tambahan yang lumayan karena akan di gaji otomatis oleh Googgle.

Sebelum era smarthphone yang mewabah dulunya ada teknologi pager. Di balik benda yang kecil mungil ini ada profesi yang bernama operator pager. Kini profesi itu sudah punah dan masuk sejarah lalu.

Dulu kala juga ada yang namanya bisnis idaman yakni Warnet dan Wartel . Banyak berjuang menjadi juragan Wartel dan Warnet kini profesi ini sudah masuk daftar satwa langka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x