Mohon tunggu...
Ratna Siregar
Ratna Siregar Mohon Tunggu... Lainnya - Pegawai Swasta

Suka dengan keindahan alam, menyukai buku-buku klasik yang berfokus pada sastra fiksi. Mengulik fakta-fakta dunia yang jarang diketahui. Mencintai untaian kata pada puisi-puisi klasik hingga kontemporer.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Fakta Jerawat dan Cara Menghilangkannya dengan Cepat

7 Oktober 2022   15:09 Diperbarui: 7 Oktober 2022   15:09 67 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Menghilangkan jerawat di wajah adalah dambaan setiap orang yang mempunyai masalah wajah yaitu jerawat. Sebelum itu kita perlu mengetahui penyebab timbulnya jerawat. Adapun fakta penyebab timbulnya jerawat yaitu perubahan hormon, meng-konsumsi makanan dan obat-obatan tertentu, pemakaian produk make-up yang tidak tepat, debu atau polusi udara di dalam ataupun di luar ruangan, juga bisa terjadi karena kamu tidak mengganti sarung bantal dan seprei yang kamu gunakan, dan masih banyak lagi hal-hal yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena di setiap permasalahan pasti ada solusinya. Mulai dari cara alami atau kamu juga bisa mencoba beberapa treatment untuk jerawat. Ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Cara ampuh menghilangkan jerawat dengan cepat

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar jerawat kamu hilang dengan cepat, diantaranya:

1. Menggunakan obat jerawat.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan obat jerawat. Ada beberapa obat jerawat oleh yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat. Beberapa obat tersebut mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Benzoil peroksida biasanya lebih cocok untuk jerawat kemerahan yang meradang, sedangkan asam salisilat biasanya digunakan untuk mengeringkan jerawat dengan whiteheads dan blackheads.

2. Menggunakan gel lidah buaya.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat, sehingga seringkali lidah buaya digunakan untuk berbagai masalah kulit hingga peradangan akibat luka. Nah, lidah buaya juga bisa lho untuk membantu masalah jerawat kamu. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke wajah mu secara rutin 1-2 kali sehari, tapi usahakan untuk tidak menggunakan lidah buaya kemasan yang mengandung banyak alkohol.

3. Menggunakan tea tree oil.

Selain lidah buaya, kamu juga bisa mencoba salah satu bahan alami yang terkenal ampuh menghilangkan jerawat yaitu tea tree oil. Tapi kamu perlu hati-hati dalam menggunakan bahan ini karena bisa menimbulkan beberapa efek samping jika kamu salah cara dalam menggunakannya seperti kulit kering, iritasi, bahkan rasa terbakar. Untuk cara menggunakannya kamu bisa mencampur tea tree oil dengan minyak alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun. Setelah tercampur rata, kamu bisa mengaplikasikannya ke area wajah yang berjerawat  dengan menggunakan kapas

4. Mengompres wajah dengan teh hijau.

Kamu juga bisa mencoba teh hijau untuk menghilangkan jerawat dengan cara menyeduh teh hijau dengan setengah gelas air mendidih selama 3-4 menit, lalu diamkan hingga dingin. Kamu bisa mengaplikasikan bahan ini dengan mencelupkan kapas ke dalam teh hijau, kemudian tempelkan ke area yang berjerawat selama 10 menit atau diamkan selama semalam. Kamu bisa mengulangi sebanyak 1-2 kali sehari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan