Mohon tunggu...
Ranu Panamkarana
Ranu Panamkarana Mohon Tunggu... Tugas Bahasa Indonesia

XI IPS 1 - SMA 28 JAKARTTA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Cara agar Tetap Produktif saat Home Learning

2 Agustus 2020   11:28 Diperbarui: 2 Agustus 2020   11:17 25 3 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang kita ketahui bahwa COVID-19 sedang mewabah di Indonesia. Maka dari itu, kegiatan belajar mengajar diadakann dengan jarak jauh atau Home Learning. Nah, biasanya, belajar di rumah ini membuat kita kurang fokus atau tidak seefektif seperti di sekolah. Misalnya, kamu sedang melakukan pembelajaran jarak jauh dengan bertatap muka (zoom meeting), tiba-tiba ada gangguan internet atau mungkin kamu malah bermain game, dan sebagainya. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya tetap produktif dalam pembelajaran jarak jauh ini.

Menyusun Jadwal Kegiatan Harian

Membuat jadwal harian ialah hal yang sangat penting agar kamu dapat membagi waktu secara efektif. Dengan membua jadwal harian juga, kamu akan menjadi lebih produktif dan disiplin.

Jauhi Diri dari Sosial Media saat Pembelajaran Berlangsung

Karena pembelajaran jarak jauh ini pasti menggunakan gawai atau handphone pasti terkadang kamu suka tergoda oleh notifikasi dari media sosial. Bukannya belajar, tetapi akhirnya kamu malah asik dengan sosial media. Oleh karena itu, sebelum pembelajaran dimulai, alangkah baiknya kamu maikan semua notifikasi media sosial agar dapat konsentrasi.

Selalu Membuat Catatan setelah Melakukan Pembelajaran

Sering sekali kita lupa tentang materi yang baru saja dipelajari. Untuk menghindari itu, kamu bisa membuat catatan tentang materi yang sedang dipelajari. Mengapa? Karena apa yang kita tulis itu lebih mudah diserap oleh otak. Catatannya pun bisa dibuat semenarik mungkin agar kamu tidak bosan saat mempelajarinya.

Istirahat

Jika sudah mulai merasa jenuh atau pusing, istirahat lah sejenak. Terkadang, percuma kita melanjutkan belajar dalam kondisi jenuh karena biasanya itu tidak akan meresap ke otak.

4 cara diatas dapat kamu lakukan agar bisa lebih produktif saat home learning ini. Manfaatkanlah waktu yang ada sebaik mungkin. Belajarla untuk bijak dalam menggunakan waktu.

VIDEO PILIHAN