Mohon tunggu...
Ranggasaputra Saputra
Ranggasaputra Saputra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

gatau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mewawancarai pedagang kaki5

14 Agustus 2023   09:45 Diperbarui: 14 Agustus 2023   09:59 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Marketing atau pemasaran adalah proses untuk membuat masyarakat tertarik pada produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Untuk melakukan proses ini, perlu dilakukan riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal. Definisi dari pemasaran yang sangat luas menjelaskan bagaimana proses di dalam marketing itu sendiri. Pemasaran bahkan dimulai dari proses pengembangan produk, metode distribusi yang akan dilakukan, penjualan produk atau jasa, dan periklanan.

Inti pokok marketing

1. Promosi

2. Iklan

3. Produk

4. Distribusi

Siklus produk: perkenalan-pertumbuhan-pendewasaan-penghancuran

Berikut adalah hasil wawancara kepada pedagang kaki 5:

Ibu nur seorang pedagang jamu keliling yang telah berjualan selama 26 Tahun lamanya, beliau memasang stiker gerobaknya yang berfungsi untuk memperkenalkan dagangannya kemasyarakat luar, ibu nur membuka usaha ini untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari, ibu nur tentu sangat senang jika dagangannya laku beliau juga terkadang sedih karena dagangannya tidak lakul/sedikit pembeli ibu nur berjualan di jalan Pesanggrahan 5 dan sekitarnya beliau biasa memasang harga dagangannya sekitar Rp 3.000/Rp 15.000

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun